#NTBBangkit, Mekaki Marathon Tetap Digelar

38
kali tampilan.

LOMBOKita – Pemerintah pusat bersama Pemda NTB memastikan ajang lomba lari Mekaki Marathon 2018 akan tetap berlangsung pada pada 28 Oktober 2018 di Teluk Mekaki, Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat mendatang. Meski baru dilanda bencana gempa bumi, hal tersebut tak membuat ajang tahunan tersebut urung diselenggarakan.

Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid, menilai Mekaki Marathon 2018 bisa menjadi ajang kebangkitan semangat masyarakat Lombok. Selain itu, event sport tourism ini juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, khususnya di sektor pariwisata.

“Kami bermaksud dapat membangkitkan dan menunjukkan semangat tidak menyerah melalui lomba lari ini. Pariwisata, ekonomi dan mental masyarakat Lombok kita harapkan dapat kembali bangkit dan menunjukkan semangat tetap kokoh melalui event ini,” ujar Fauzan di Jakarta, Minggu (30/9).

Ini menjadi kali kedua Mekaki Marathon 2018 diselenggarakan di Lombok Barat. Pada 2017, pemerintah mendapat dampak positif dari besarnya animo masyarakat terhadap ajang wisata olahraga tersebut.

“Event tahun lalu memberikan dampak besar terhadap pengembangan wisata di kawasan Sekotong Lombok Barat. Selain menumbuhkan ekonomi masyarakat, juga berperan dalam perbaikan infrastruktur wisata, serta ikut membantu menumbuhkan kesadaran masyarakat setempat terhadap sektor pariwisata,” ujar Fauzan.

Plt Deputi Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan Mekaki Marathon 2018 terbagi dalam dua kategori yakni 10K dan 5K. Adapun rute yang ditempuh untuk kategori 5K yaitu dari Mekaki Bay hingga Bukit Padang lalu kembali ke Mekaki Bay. Sementara kategori 10 K akan melewati Mekaki Bay, Bukit Padang, Pelangan, dan kembali menuju Mekaki Bay.

“Mengusung tema ‘Run and Enjoy Breathtaking Views of Mekaki’, Mekaki Marathon 2018 tak hanya menjadi perlombaan lari semata, tetapi juga sarana hiburan sembari melihat pemandangan yang indah di Lombok Barat. Meski begitu, bukan berarti ajang ini akan sepi peminat. Beberapa artis, seperti Wulan Guritno dan Fajar Alexa, akan ikut serta dalam ajang ini,” jelas Ni Wayan.

Lintasan yang dilalui menyajikan pemandangan indah berupa bukit, pantai dan suasana alam yang asri. Oleh sebab itu, Kempar mendukung penuh kegiatan tersebut untuk memajukan olahraga sekaligus pariwisata Lombok Barat.

Demi menyukseskan Mekaki Marathon, pemda Lombok Barat bekerja sama dengan Archipelago Strategic Solution (ArchiSS) sebagai event management dan DnD sebagai race management.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.