LOMBOKita – Di musim hujan seperti saat ini, kasus demam berdarah kembali melonjak. Menurut siaran pers yang dikeluarkan Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan, tanggal 4 Februari 2019, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) secara nasional, jumlah kasus hingga tanggal 3 Februari 2019 adalah sebanyak 16.692 kasus dengan 169 orang meninggal dunia. Kasus terbanyak ada di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, NTT, dan Kupang.

Direktur Jenderal Pecegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI dr. Anung Sugihantono, M.Kes mengatakan Jawa Timur masih menduduki jumlah kasus terbanyak di antaranya di Kediri dan ponorogo. Di Kediri banyak rumah menggunakan pagar bambu, dan di sanalah jentik-jentik ditemukan.

Dengan kondisi seperti itu, Anung menekankan bahwa cara yang paling efektif adalah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Selain itu ditambah perilaku hidup bersih dan sehat, memberantas jentik nyamuk di rumah dan sebisa mungkin menghindari gigitan nyamuk seperti tidur dengan memasang kelambu, menggunakan lotion pengusir nyamuk, dan menanam tanaman pengusir nyamuk.

Mengenali perilaku nyamuk Aedes Aegypti dalam bertahan hidup dan menggigit mangsanya, penting agar Anda bisa mengantisipasi kehadiran nyamuk ini. Begini caranya.

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.