Obesitas Geser Rokok Sebagai Penyebab Kanker?

28
kali tampilan.
Ilustrasi obesitas geser rokok sebagai penyebab kanker. (Shutterstock/suara.com)
- Advertisement -

Di Inggris, obesitas hampir menggeser rokok sebagai penyebab empat kasus kanker yaitu kanker usus, kanker ginjal, kanker hati dan kanker ovarium.

Hal itu diungkapkan oleh Cancer Research UK.

Dikatakan jutaan orang Inggris berisiko terkena kanker karena berat badan mereka. Apalagi dengan fakta bahwa orang obesitas melebihi jumlah perokok di sana dengan perbandingan dua banding satu.

Sayangnya, kampanye mengenai kegemukan yang terkait kanker malah menuai banyak kritik karena dituduh telah melakukan penghinaan pada orang gendut.

Loading...

Tapi Cancer Research UK mengatakan kampanye tersebut bukan mau menyalahkan orang karena kelebihan berat badan, tapi hanya sekadar mengingatkan bahwa obesitas dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker.

Dikatakan, kelebihan berat badan atau obesitas menyebabkan sekitar 22.800 kasus kanker setiap tahun sementara merokok menyebabkan 54.300 kasus kanker.

Merokok memang tetap menjadi penyebab utama masalah kanker yang dapat dicegah di Inggris dan obesitas ada di posisi kedua.

Tetapi tingkat merokok menurun, sementara obesitas meningkat dan hal tersebut telah diamini oleh para ahli kesehatan di sana.

Kelebihan berat badan atau obesitas memang tak selalu berarti seseorang yang gemuk akan mengembangkan kanker, tetapi obesitas dapat meningkatkan risiko mereka terkena kanker.

Menurut Cancer Research UK, 13 jenis kanker berbeda terkait erat dengan obesitas seperti kanker payudara, kanker usus, kanker pankreas, kanker esofagus, kanker hati, kanker ginjal, kanker perut bagian atas, kanker kantung empedu, kanker rahim, kanker ovarium, kanker tiroid, kanker multipel mieloma (kanker darah) dan meningioma atau kanker otak.

“Keluarga, bisnis makanan, dan pemerintah semua harus memainkan peran mereka jika ingin menghindari sama seperti kasus Amerika yang merusak dan mahal,” kata Kepala eksekutif NHS Inggris Simon Stevens dilansir BBC.

Jenis kanker berbeda terkait erat dengan obesitas kini menjadi perhatian selain rokok.

Komentar Facebook

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.