Indonesia Gagal Lolos Grup Kejuaraan 3x3 Dunia

Olahraga
Typography

LOMBOKita - Tim nasional bola basket tiga lawan tiga atau 3X3 Indonesia gagal lolos dari babak penyisihan Grup D Kejuaraan 3x3 Dunia 2017 di Nantes, Prancis setelah pada hari ini, Senin, takluk dari Belanda dan Korea Selatan.

Dipantau dari laman Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) di Jakarta, Senin, Indonesia dikalahkan Belanda dengan skor 11-21 dan tunduk dari Korea Selatan 7-12.

Hasil itu membuat Indonesia berada di posisi keempat Grup D, hanya lebih baik dari Selandia Baru di posisi kelima. Adapun Grup D dipimpin Belanda, diikuti Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Yang berhak lolos ke babak berikutnya atau perempat final adalah peringkat satu dan dua dari Grup A sampai Grup D. Artinya, Belanda dan Amerika Serikat melaju ke delapan besar mewakili Grup D.

Adapun dalam kejuaraan dunia ini, timnas 3X3 Indonesia yang diperkuat secara bergantian oleh Fandi Andhika Ramadhani, Vinton Nollan, Rivaldo Pangesthio, dan Kevin Moses hanya mencatatkan satu kemenangan di kejuaraan dunia yaitu kala melawan Selandia Baru.

Catatan satu kemenangan dan tiga kekalahan tidak sesuai dengan target timnas Indonesia yang diasuh oleh Anthony Gunawan. Sebelum berangkat, mereka mencanangkan setidak-tidaknya bisa memenangkan setidaknya dua pertandingan.

Usai kejuaraan dunia di Nantes, berdasarkan data peringkat 3X3 FIBA, tim putra 3X3 Indonesia berada di peringkat 33 dunia dari 179 negara, atau masih bertahan di posisi ketiga terbaik di Asia dengan 4.240.310 poin.

Tim putra 3x3 Jepang menjadi yang tertinggi posisinya untuk kawasan Asia dengan berada di peringkat 10 dunia, kemudian China di peringkat 21 dunia atau kedua terbaik di Asia.

Timnas putra Indonesia sendiri pernah menorehkan catatan gemilang dengan menjadi juara FIBA 3X3 World Tour Tokyo Masters tahun 2013. Ketika itu, timnas jufga dilatih oleh Anthony Gunawan dan diperkuat para pemain Liga Bola Basket Indonesia (IBL) yaitu Fandi Andhika Ramadhani, Wijaya Saputra, Vinton Nollan dan Rizky Effendi. (ant)