Olat Maras Makin Keren dengan Ruang Publik Kreatif

Pendiri UTS, Dr. H. Zulkieflimansyah berpose bersama Asisten I Setda Sumbawa dan Perwakilan dari Kementerian LHK di RPK di kawasan Olat Maras, Sumbawa.

LOMBOKita – Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) kini sedang membangun Ruang Publik Kreatif (RPK). Artinya di kawasan Olat Maras, selain kampus juga dihadirkan Sumbawa Technopark (STp), gelanggang olahraga dan RPK sebagai ruang bagi publik untuk berkreasi.

Saat ini, RPK sedang dalam tahap pembangunan. Di tengah tengahnya terdapat semacam danau buatan kecil yang pinggirannya ditumbuhi rumput. Di depan danau, terdapat semacam panggung hiburan yang didesain sedemikian rupa dengan konsep modern.

Penataan dilakukan oleh seniman dan kreator khusus yang didatangkan dari Pulau Jawa. Lalu pohon-pohon rindang di sekitarnya. Beberapa taman sedang dikerjakan. Tak hanya menonjolkan keindahan, lokasi ini juga menawarkan nilai lain dengan berdirinya dua pohon asam yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun.

“Ini bisa jadi destinasi wisata Olat Maras. Selain kampus, kita hadirkan STp, gelanggang olahraga, asrama dan RPK. Masyarakat umum bisa belajar dan mendapatkan cerita di sini, bahwa teknologi itu nyata,” kata pendiri UTS, Dr. H. Zulkieflimansyah saat melihat lokasi RPK bersama Asisten I Setda Sumbawa dan Perwakilan dari Kementerian LHK yang didampingi pejabat dari Dinas Lingkungan Hidup Sumbawa, Senin, 28 Agustus 2017.

Masyarakat umum bisa olahraga, menyaksikan pertunjukkan seni, puisi ataupun teater. Bahkan untuk sekedar bersantai menikmati danau yang kita buat ini. Ini bukti lokasi itu bisa diciptakan. Asal mendapat sentuhan dari ahlinya.

“Jadi, kreasi bisa tumbuh disini. Siapa saja bisa datang kesini. Bahkan kedepan bisa menjadi ikon daerah,” katanya lagi.

Rektor UTS, Dr. Andi Tirta, menambahkan, RPK diharapkan menjadi pusat bagi mahasiswa, dosen dan masyarakat umum dalam mengekpresikan karya seni mereka. Bagian dari pertunjukkan kesenian dengan latar pemandangan utama menghadap ke Olat Maras. Sekaligus berolahraga, karena dalam komplek RPK juga ada gelanggang olahraga.

“Ke depan, kita akan ada semacam boat (perahu kecil) di danau ini. Kemudian kita pasang wifi area dan jogging track,” pungkasnya.

Komentar Anda