Orangtua Berperan Penting Dalam Mengembangkan Kemampuan Anak

Interaksi Anak Orangtua
Interaksi Anak Orangtua/Foto: Ummi Online

LOMBOKita – Setiap orangtua pasti mengharapkan anaknya berkesempatan untuk memiliki masa depan yang lebih baik. Untuk mencapai itu, orangtua berperan penting dalam mengembangkan kemampuan anak.

Untuk menjadi Anak Generasi Maju yang Supel, Kreatif dan Mandiri, orangtua harus memiliki pengetahuan yang tepat mengenai penerapan pola asuh serta pemenuhan nutrisi yang tepat sejak dini, agar si kecil bisa bersosialisasi dengan baik serta memiliki kreativitas dan kemandirian agar menjadi Anak Generasi Maju.

Setiap orangtua harus membangun dan mengembangkan keterampilan sosial si kecil sejak dini. Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi. mengatakan, pada masa awal kehidupan inilah, orangtua harus selalu mendampingi si Kecil dengan melakukan berbagai aktivitas dan menerapkan pola asuh yang tepat.

“Orangtua harus ingat bahwa menjadi Anak Generasi Maju, maka ada 3 kondisi yang harus dipenuhi yaitu; Pertama si Kecil harus sehat dan kebutuhan nutrisinya tercukupi dengan baik. Kedua, ia perlu mengembangkan keterampilan berpikir dan kreativitasnya. Ketiga, perkembangan emosinya pun diharapkan baik, ia jadi percaya diri dan mandiri,” papar Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi saat ditemui di acara Parenting seminar Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kemampuan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju SGM Eksplor, Jakarta, Sabtu (31/07/2017).

Dalam memenuhi kebutuhan anak untuk menjadi Anak Generasi Maju, Anna Surti melihat bahwa orangtua harus mau menambah pengetahuan terkait dengan nutrisi dan pola asuh yang tepat bagi si Kecil.

Namun terkadang orangtua memiliki keterbatasan, untuk itu berbagai kegiatan yang dilakukan oleh SGM Ekplor adalah bentuk dukungan yang dibutuhkan oleh para orangtua.

“Orangtua bisa menambah pengetahuannya dengan datang dalam acara parenting seminar atau juga dapat mengakses website dan facebook yang telah disiapkan agar si Kecil menjadi Anak Generasi maju”, tambahnya.(tka)

Komentar Anda