Pasangan JODA Ditetapkan sebagai Pemenang Pilkada Lombok Utara 2020

112
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – KPU Kabupaten Lombok Utara KLU) menetapkan pasangan JODA (Djohan Sjamsu SH.,- Danny Carter R., ST., M.Eng.,) unggul dalam Pilkada KLU 2020. Kemenangan paslon Joda tersebut ditetapkan setelah KPU menggelar pleno rekapitulasi hasil perhitungan tingkat kabupaten, pada Rabu (16/12/2020).

Dari pleno tersebut, diketahui pasangan JODA unggul 18.281 atau 12,5 persen lebih dari Paslon NADI (H. Najmul Akhyar – H. Suardi).

“Selisih suaranya tidak banyak yang berubah dibandingkan dengan data Sirekap. Hanya sedikit perbaikan pada jumlah surat suara yang terinput karena kesalahan penjumlahan di TPS,” kata Ketua KPU KLU, Juraidin.

Disebutkannya, dari hasil pleno tersebut, JODA memeroleh suara 83.659 atau 56,13 persen. Sedangkan NADI memeroleh 56.378 atau 43,87 persen suara. Sedangkan jumlah suara sah dan tidak sah sebanyak 151.994. Terdiri dari suara sah sebanyak 148.037 atau 88,20 persen, dan suara tidak sah sebanyak 2.957 atau 1,9 persen.

Zeinta Tour and Travel - Solusi Ke Baitullah
Zeinta Tour and Travel

Sedikitnya suara yang tidak sah tersebut, dikatakannya karena tingkat persentase partisipasi pemilih di KLU sangat tinggi, bahkan melebihi target 86 persen. Yakni sebesar 88,2 persen.

Loading...

“Secara persentase pemilih di 5 kecamatan cukup tinggi, dengan rincian pemilih Bayan mencapai 89,43 persen, pemilih Kayangan 87,59 persen, Gangga 89,13 persen, Tanjung 89,31 persen dan Pemenang 84,53 persen,” beber dia.

“Pokoknya sukses Pilkada ini, partispasi masyarakatpun cukup tinggi, kita mungkin diurutan kedua setelah Kabupaten Dompu,” sambungnya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Bidang Data dan Perencanaan KPU KLU, M Zaki Abdillah menambahkan, dalam proses ditemukan beberapa kesalahan, yakni karena disebabkan data yang diinput merupakan data yang salah pasca perhitungan, sehingga menyebabkan tidak imbangnya perolehan suara akhir.

“Namun setelah evaluasi, kekeliruan itu dapat diklarifikasi setelah akumulasi penjumlahan dilakukan secara terkomputerisasi,” jelasnya.

Dijelaskannya, selisih yang berkurang itu ditemukan pada penjumlahan suara masing-masing kecamatan. Yakni di Tanjung 17 suara, Gangga 13 suara, Kayangan 8 suara dan Bayan 5 suara. Sedangkan suara Pemenang jumlahnya tidak ada perubahan.

“Untuk penetapan calon terpilih masih menunggu 3×24 jam. Apakah ada gugatan oleh calon atau tidak,” pungkasnya.

Ketua Bawaslu KLU, Adi Purmanto, membenarkan pihaknya memberikan saran perbaikan pada Pemilu mendatang. Saran itu antara lain, perbaikan data hak pilih, penjumlahan pemilih, proses Coklit harus faktual, penyediaan TPS berkebutuhan khusus, tata cara pemilihan, serta pengisian formulir bagi petugas KPPS.

“Untuk perolehan suara, secara umum sama. Karena kita juga sudah mengawal dari pleno PPK, tidak ada masalah,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.