Peluncuran HPN 2018 tanpa Dibiayai APBD

125
kali tampilan.

LOMBOKita – Peluncuran Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di auditoirum TVRI Pusat pada 10 September 2017 dipastikan tanpa dukungan APBD Sumatera Barat (Sumbar) sebagai tuan rumah, karena anggaran itu belum “ketok palu”.

“Khusus untuk acara peluncuran HPN, tidak menggunakan APBD, tetapi dukungan dari sponsor,” kata Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumbar, Jasman dihubungi dari Padang, Selasa malam.

Menurutnya dukungan APBD digunakan untuk memeriahkan HPN 2018 di Sumbar, diantaranya untuk kegiatan yang digelar oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sementara anggota DPRD Sumbar, Hidayat menyebutkan legislatif mendukung penuh pelaksanaan HPN di Sumbar karena akan membawa banyak dampak positif bagi daerah.

Namun ia memastikan, APBD Perubahan Sumbar 2017 tidak bisa ketuk palu sebelum 10 September 2017 karena masih ada sejumlah hal yang harus dibahas.

Sesuai jadwal, ketok palu APBD P paling cepat bisa dilakukan akhir September 2017, hingga peluncuran HPN di Jakarta memang tidak bisa didukung anggaran daerah.

“Kalau belum ketok palu tentu anggaran tidak bisa digunakan,” ujarnya.

Sebelumnya berdasarkan hasil kesepakatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bersama Pemprov Sumbar, ditetapkan peluncuran Hari Pers Nasional (HPN) 2018 akan dilaksanakan 10 September 2017.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit usai rapat koordinasi persiapan launching HPN di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Selasa, mengatakan, peluncuran dimeriahkan penampilan budaya Sumbar berupa tarian, nyanyian serta dialog dengan gubernur Sumbar tentang pembuatan pantun dan demo pembuatan pantun.

“Peluncuran tersebut juga akan diisi dengan penampilan artis ibukota yang tentunya masih urang awak, dan yang tidak kalah pentingnya peluncuran maskot HPN 2018,” kata dia.

Ia berharap peluncuran tersebut bisa lebih memperkenalkan budaya Sumbar kepada masyarakat luas di Indonesia, apalagi sekarang Sumbar sedang giat-giatnya mempromosikan wisata.

“Kami dapat informasi dari PWI Pusat, bahwa undangan saat peluncuran terdiri dari PWI seluruh Indonesia dan wartawan seluruh Indonesia pula, artinya ini merupakan moment yang tepat bagi Sumbar untuk terus mempromosikan wisatanya” jelasnya.

Ketua PWI Pusat Margiono menyebutkan perkiraan undangan yang akan segera disebar sebanyak 2.500 undangan.

Sementara puncak pelaksanaan HPN 2018 akan dilaksanakan di Sumbar pada tanggal 9 Februari 2018. Menurut rencana, saat hari puncak tersebut akan dihadiri oleh Presiden RI bersama Menteri Kabinet.