Pemerintah Blokir Aplikasi Tik Tok

98
kali tampilan.

LOMBOKita – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memblokir delapan Domain Name System (DNS) milik Tik Tok, sebuah platform sosial video pendek yang didukung dengan musik dari berbagai genre.

Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan menyampaikan, pemblokiran tersebut dilakukan sejak Selasa (3/7) siang berdasarkan hasil pemantauan Tim AIS Kominfo, pelaporan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dan juga laporan masyarakat.

“Pelanggaran konten yang ditemukan antara lain pornografi, asusila, pelecehan agama, dan lain-lain,” kata Samuel A. Pangerapan, Selasa (3/7).

Namun Samuel menegaskan bahwa pemblokiran tersebut bersifat sementara sampai ada perbaikan dan pembersihan konten-konten ilegal dari pihak Tik Tok.

Sementara itu, Menkominfo Rudiantara juga menyampaikan, pendekatan yang dilakukan Kominfo terhadap Tik Tok sama seperti yang dilakukan kepada Bigo yang telah membersihkan dan menjaga kontennya, sehingga Bigo yang dulunya juga sempat diblokir kemudian bisa diakses kembali.

“Kami sudah menghubungi (perwakilan) Tik Tok untuk membersihkan kontennya,” kata Rudiantara.