Pemerintah Siapkan Agenda Bau Nyale. Ini Rangkaiannya!

244
kali tampilan.
Kepala Dinas Budpar Lombok Tengah H. Lalu Moh. Putria (tengah) didampingi Camat dan para tokoh adat saat rapat penentuan tanggal Bau Nyale di Pantai Seger / foto: Japar/Humas

LOMBOKita – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan delapan item kegiatan untuk meriahkan acara budaya Bau Nyale (menangkap cacing laut) yang diselenggarakan di pantai Seger, Kabupaten Lombok Tengah pada 6-7 Maret 2018.

“Secara keseluruhan ada delapan kegiatan yang kita siapkan untuk acara pesta Bau Nyale ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal di Mataram, Selasa.

Sejumlah acara yang disiapkan tersebut, antara lain musik, peran Mandalika travel fair, pameran, penampilan kesenian. Bahkan, kegiatan ini akan diisi lomba voli pantai yang akan diikuti 22 provinsi dan 8 negara.

Ia menegaskan, karena acara Bau Nyale ini sudah masuk agenda pariwisata nasional, maka pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata memberikan dukungan penuh untuk mensukseskan acara tersebut.

Loading...

“Pemerintah sudah siap mem-back-up. Karena Bau Nyale masuk ‘event’ nasional,” ucapnya.


Berita terkait lainnya:

Bau Nyale 2018 Digelar Awal Maret

Datu Siledendeng Yakin “Nyale” Banyak Keluar Tahun Ini

Bau Nyale Kaliantan Dilaksanakan 3-6 Februari

Sangkep Warige (rapat penentuan) pelaksanaan Bau Nyale tahun 2018 di Open Stage Pantai Seger / foto: Japar/Humas

Pelaksanaan kegiatan Bau Nyale tahun ini ditetapkan pada awal Maret, yakni tanggal 6-7 Maret berdasarkan “Sangkep Warige” pemangku empat penjuru mata angin yang dilaksanakan terbuka di Pantai Seger, Kecamatan Kuta Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Tradisi unik ini diadakan setiap tahun pada hari ke 20 bulan ke 10 dalam Kalender Sasak tradisional yang jatuh setiap tahunnya. Bau dalam bahasa Lombok berarti “menangkap” dan Nyale adalah sejenis cacing laut yang hanya ada sekitar waktu saat ini sepanjang tahun.

Karena itu, Bau Nyale adalah upacara meriah saat banyak orang menangkap Nyale di sepanjang sejumlah pantai terbaik di Lombok. Bagi orang-orang di Pulau Lombok, Festival Bau Nyale adalah tradisi yang terkait erat dengan legenda Putri Mandalika.

Loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.