Pemkab Lombok Utara Perbaiki Infrastruktur Pertanian Rusak Akibat Gempa

54
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Pemerintah Kabupaten Lombok Utara menyalurkan bantuan dari anggaran APBN yang diberikan kepada Lombok Utara senilai Rp 5,5 miliar melalui Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

“Dana tersebut digunakan untuk perbaikan saluran irigasi 32 kelompok tani di KLU. Sekalian itu juga bantuan safrodi untuk 200 hektar petani penanam padi, dan rumah potong sapi serta kandang untuk pasar hewan,” ungkap Kepala DP2KP Melta.

Melta menuturkan, untuk irigasi saja total anggaran sebesar Rp1,589 miliar. Bantuan tersebut tidak diserahkan langsung pada DP2KP KLU, melainkan ditransfer ke rekening masing masing petani. Bahkan termasuk hadiah untuk kelompok tani berpestasi dan juara kontes peternakan dan pertanian.

“Semua langsung ke petani,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar mengatakan, bantuan tersebut sangat membantu petani di KLU. Pascagempa lalu meski tidak stagnan, namun ada perlambatan yang terjadi pada petani di KLU. Hal tersebut dikarenakan banyak saluran irigasi yang rusak.

Loading...

“Selain itu semangat petani bertani saat itu down,” sambungnya.

Ia melanjutkan, ini menjadi bagian dari ikhtiar membangkitkan kembali semangat masyarakat KLU. Bertani menjadi salah satu cara untuk melakukan recovery ekonomi di KLU. Sehingga perlu upaya penggeliatan kembali semua yang ada di bidang pertania. Salah satunya dengan adanya bantuan tersebut.

“Karena sebagian besar ekonomi warga kita ada di pertanian, jadi jangan sampai itu terlupakan,” jelasnya.

Sementara di bidang peternakan, berbagai upaya juga dlakukan untuk membangkitkan semangat para peternak. Ada banyak penghargaan diberikan di bidang peternakan itu. Mulai dari kontes sapi Bali yang menampilkan sisi eksotis atau keindahannya.

“Seperti saya katakan kemarin ,lomba ini adalah bagian dari cara kita saja untuk memulihkan dan menyemangati mereka supaya terus menerus untuk melakukan usaha penggemukan bagi,” tandasnya.

Najmul menilai, semangat peternak di KLU itu luar biasa. Mereka menggemukkan hanya dalam waktu 2-3 bulan dengan menghasilkan jumlah yang luar biasa. Dalam proses penggemukan tersebut bisa menimbulkan perekonomian di dalamnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.