Pemkot Mataram Bagi-Bagi Sertifikat Gratis

163
kali tampilan.
ilustrasi
Loading...

LOMBOKita – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, membagikan ribuan sertifikat tanah gratis kepada warganya sebagai salah satu program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) atau biasa dikenal prona.

Pembagian sertifikat tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh didampingi Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Mataram I Made Arya Sanjaya di halaman kantor Wali Kota di Mataram, Rabu.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Mataram I Made Arya Sanjaya dalam kesempatan itu mengatakan, jumlah sertifikat yang diserahkan hari ini sebanyak 2.000 bidang dari target 5.250 bidang Tahun 2017.

“Penyerahan hari ini merupakan tahap kedua yang prosesnya dimulai Agustus, dimana tahap pertama telah diserahkan bulan Oktober sebanyak 250 bidang. Sisanya 3.000 bidang kami targetkan tuntas akhir tahun ini,” katanya.

Karenanya, katanya, saat ini petugasnya sedang bekerja siang-malam melakukan proses penyelesaian 3.000 bidang, dengan harapan sampai akhir Desember 2017 seluruhnya bisa diserahkan kepada masyarakat di masing-masing kelurahan.

Loading...

Menurutnya, sebanyak 5.250 bidang sertifikat yang masuk program PTSL 2017 berada didua kecamatan yakni Kecamatan Sekarbela dan Sandubaya dengan total 11 kelurahan.

Sebelas kelurahan yang dimaksudkan adalah Kelurahan Karang Pule, Tanjung Karang, Jempong Baru, Kekalik Jaya, Dasan Cermen, Babakan, Bertais, Selagalas, Turide, Abian Tubuh Baru dan Kelurahan Mandalika.

Untuk biaya pelaksanaan kegiatan PTSL ini sepenuhnya dibiayai dari DIPA Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional tahun 2017.

“Sementara kegiatan untuk pra sertifikat sepenuhnya dibiayai melalui APBD Kota Mataram. Karenanya, untuk mendapatkan sertifikat ini masyarakat tidak mengeluarkan dana sepeserpun,” katanya.

Sementara untuk mendukung program selanjutnya pada tahun 2018, pihaknya berharap pemerintah kota bisa mengalokasikan anggaran lagi sebab tahun 2018, Mataram kembali mendapatkan progam serupa dengan jumlah bidang 7.500.

Menanggapi hal itu Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengatakan siap mendukung program BPN, dengan mengalokasikan anggaran sesuai kebutuhan.

“Prinsipnya kita siap, apapun kebutuhannya yang diperlukan termasuk untuk kebutuhan alat ukur dan lainnya,” katanya.

Dalam kesempatan itu, wali kota juga mengingatkan kepada semua masyarakat penerima PTSL untuk menyimpan sertifikat yang diterima dengan baik karena merupakan dokumen berharga, sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pasalnya, dengan kepemilikan sertifikat masyarakat bisa terhubung dengan akses permodalan untuk keperluan usaha.

“Sertifikat ini juga dimaksudkan agar tidak ada sengketa terkait dengan kepemilikan tanah,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.