Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Distan Lotim, H. Badaruddin

LOMBOKita – Meski lahan penanaman bawang putih cukup tersedia di Lombok Timur, namun masih terkendala ketersediaan benih untuk ditanam masyarakat.

Demikian ditegaskan Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Lombok Timur H. Badaruddin di kantornya.

“Kami akui kekurangan bibit bawang putih yang akan ditanam oleh para petani,” ucap Badaruddin.

Badaruddin menyebutkan, untuk kawasan Sembalun yang merupakan wilayah potensial untuk menanam bawang putih dengan areal tanam cukup luas harusnya bisa terpenuhi dengan kebutuhan bibit.

Sementara lahan penanaman bawang di Lombok Timur mencapai luas 2257 hektar yang berada di wilayah Sembalun, Suela, Wanasaba, Pringgasela, Sikur yang memiliki ketinggian suhu diatas 400 meter dari kemiringan untuk tahun 2018.

Badar menambahkan, untuk penjualan pihaknya mengandeng BUMN dengan PT Pertani untuk membeli hasil panen bawang putih milik petani. Apalagi kalau dirata-ratakan untuk yang satu hentar menghasilkan 5 ton dikalikan 500 hektar di Sembalun maka akan menghasilkan 2500 ton hasil panen.

“Kurangnya benih maka yang satu ton untuk perhektar, akan tapi diberikan 700 kilogram benih dengan melihat kondisi yang ada,” tambah H. Badaruddin.