Penyebab Buang Angin Terus Menerus

LOMBOKita – Kentut adalah hal yang sangat dilakukan oleh setiap manusia kentut juga bisa menjadi kebutuhan karena jika kita tidak kentut dalam seharian penuh itu pertanda ada kelainan atau ada hal yang tidak beres pada pencernaan.

Namun, apa jadinya jika kentut yang kita keluarkan terus menerus? Normalnya kentut akan keluar rata-rata antara 14-23 kali sehari. Keseringan kentut yang terus terjadi jika sama atau lebih dari yang disebutkan memiliki banyak penyeban.

Dilansir dari laman halodokter(dot)com terdapat penyebab umum yang membuat kita sering kentut, 5 ha tersebut biasanya,

1. Kebiasaan mengunyah makanan dalam waktu yang cepat dan menyebabkan saluran pencernaan bekerja terlalu keras sehingga produksi gas juga meningkat.

2. Gangguan sistem pada lambung yang menyebabkan produksi gas berlebihan.

3. Terlalu banyak bakteri pada usus. Usus kita memang mengandung bakteri yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan. Gas menjadi salah satu hasil buangan dari sisa pengolahan dan biasanya mengalur lewat saluran anus.

4. Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung serat. Serat berlebihan tidak bagus untuk usus kecil karena usus kecil tidak bisa memecah senyawa yang dikandung dalam makanan berserat sehingga produksi gas bisa menjadi sangat berlebihan.

5. Gelisah. Jika Anda sedang merasa cemas dan gelisah maka menyebabkan tekanan yang membantu produksi gas berlebihan dalam perut. Bahkan beberapa orang juga bisa mendapatkan diare.

Hal lain yang menjadi penyebab kentut yang terus menerus ialah makanan atau minuman yang mengandung gula seperti kandungan Sorbitol yang ada pada permen karet dan beberapa minuman bersoda, Fruktosa yang terdapat pada jagung, bawang putih, gandum, buah pier, Rafinosa berbagai jenis kacang-kacangan, kembang kol, kubis, brokoli, dan jenis sayuran lain, dan Laktosa yang sering terdapat pada produk susu.

Selain beberapa jenis makanan yang mengandung gula ini, konsumsi makanan kaya serat berlebihan juga bisa menyebabkan kentut. Beberapa makanan yang terkenal memicu kentut adalah seperti ubi, ketela, kentang, jagung dan jenis bahan lain.

Komentar Anda