Perbedaan Vaksin Merah Putih dan Vaksin Sinovac yang Harus Anda Diketahui

81
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Meski sudah bekerjasama dengan perusahaan farmasi dari China, Indonesia tetap berupaya untuk menciptakan vaksin Covid-19. Proyek yang bernama vaksin merah putih ini direncanakan akan dijadikan solusi jangka panjang untuk melengkapi vaksin impor, sebut saja vaksin Sinovac. Proyek ini dipimpin oleh Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman.

Lalu apa perbedaan vaksin merah putih dan Sinovac? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

Perkembangan Vaksin Merah Putih Buatan Indonesia
Vaksin merah putih dikembangkan oleh tim penelitian dengan menggunakan metode rekombinan. Teknik ini berbeda dengan teknik lainnya yang digunakan ketika membuat vaksin, contohnya vaksin buatan perusahaan sinovac. Saat dikembangkan vaksin merah putih menggunakan dua subunit penting yang ada dalam virus SARS-CoV-2 yang mengakibatkan virus corona.

Teknologi yang digunakan dalam mengembangkan vaksin ini adalah teknologi protein rekombinan. Kedua bagian tersebut merupakan bagian protein spike (S) dan nucleocapsid (N). Lalu kedua subunit akan digabungkan dengan wadah berupa sel mamalia. Setelah keduanya digabung akan menjadi vaksin yang bisa memicu kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19.


Saat ini perkembangan riset vaksin merah putih sudah mencapai 40 persen. Diperkirakan dalam 2-3 bulan ke depan, diharapkan vaksin merah putih sudah masuk ke tahap pra klinis. Tahap pra klinis merupakan tahap pengujian yang dilakukan pada hewan. Pihak LBm Eijkman sendiri diberi waktu selama 12 bulan untuk menghasilkan benih vaksin. Berarti pada bulan Februari atau Maret 2021 harus sudah memberikan bibit ke Bio Farma. Setelah itu, Bio Farma akan melanjutkan ke fase uji klinis tahap I, II dan III.

Loading...

Apabila setelah uji klinis fase III dilakukan dan BPOM menyatakan jika vaksin aman digunakan maka vaksin tersebut akan diproduksi secara massal. Rencananya pada triwulan IV tahun depan vaksin merah putih akan diproduksi secara massal. Vaksin ini nantinya akan melengkapi vaksin hasil kerjasama dengan perusahaan farmasi Sinovac dari China dan G42 dari UEA. Sejauh ini lembaga Eijkman sudah mulai mengembangkan vaksin dengan menggunakan isolat virus yang beredar di dalam negeri.

Perbedaan Vaksin Merah Putih dengan Vaksin Sinovac
Seperti yang diketahui jika Indonesia sudah menjalin kerjasama dengan China dalam pembuatan vaksin virus corona. Namun, Kepala LBM Eijkman Amin Soebandrio mengatakan bahwa vaksin merah putih yang sedang dikembangkan memiliki perbedaan dengan vaksin Sinovac dari China. Perbedaan keduanya terletak pada platform yang digunakan. Dimana vaksin Sinovac menggunakan virus utuh sebagai antigen.

Virus tersebut kemudian dimatikan menggunakan bahan kimia atau dengan cara lainnya. setelah itu, virus akan dinetralkan dipisahkan dengan bagian-bagian lain. Virus inilah yang kemudian digunakan sebagai antigen untuk bahan vaksin.

Sedangkan vaksin yang dikembangkan oleh PT Bio Farma menggunakan platform DNA. DNA vaksin nantinya akan diberikan pada subjek melalui suntikan supaya bisa masuk ke dalam sel. Dimana vaksin yang diproduksi oleh Indonesia ini hanya akan menggunakan bagian yang dibutuhkan dari virus, yaitu spike protein dan juga nukleus kapsid protein.

Bisa dikatakan jika yang digunakan sebagai antigen dan diberikan pada subjek adalah kedua protein tersebut. Namun, ini semua masih dikembangkan dan harus dibuktikan melalui uji praklinik dan juga uji klinis fase I, II dan III.

Nah penjelasan diatas sudah menjelaskan perbedaan antara vaksin merah putih dan vaksin Sinovac. Ingin mendapatkan informasi kesehatan yang terpercaya dan terlengkap? Direkomendasikan untuk download aplikasi Halodoc. Aplikasi ini sangat memudahkan pengguna terutama di masa pandemi seperti sekarang.

Halodoc akan menyediakan fitur konsultasi dengan dokter untuk menjawab keluhan kesehatan Anda hanya melalui smartphone. Sehingga, Anda tidak perlu keluar rumah di masa pandemi ini.


Zeinta Tour and Travel - Solusi Ke Baitullah
Zeinta Tour and Travel

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.