Pertama di Dunia, Berugak Kemitraan Polres Loteng Raih Rekor Leprid

58
kali tampilan.

LOMBOKita – Program inovasi baru yang digalakkan Polres Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat berupa Berugak Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM) mendapat penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid).

Direktur Leprid Paulus Pangka saat upacara penganugerahan penghargaan BKPM Polres Lombok Tengah yang dilaksanakan di Lapangan Umum Puyung Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah itu menegaskan, BKPM merupakan catatan prestasi ke 409 yang telah dikeluarkan Leprid hingga saat ini.

Diakuinya, pengajuan Brugak Kemitraan Polisi dan Masyarakat ini diusulkan sejak setahun lalu oleh Kapolres Lombok Tengah, setelah melalui pengkajian dan penelitian secara mendalam, baru sekarang diberikan karena dianggap layak menoreh prestasi dalam membangun pranata sosial di tengah-tengah masyarakat.

“Ini baru pertama kali di Indonesia, bahkan di dunia sekalipun dengan berugak kemitraan terbanyak, mencapai 1.300 buah berugak,” tandas Paulus Pangka saat memberikan sambutan pada acara tersebut.

Bahkan, kata Paulus Pangka, rekor ini akan menjadi rekor abadi bagi Polres Lombok Tengah. Sebab, selain dengan jumlah berugak terbanyak juga nilai-nilai yang terkandung dalam program tersebut, khususnya dalam penanganan keamanan dan kenyamanan masyarakat maupun penyelesaian sengketa sosial.

“Kalau ada masalah sosial yang terjadi di tingkat dusun dan desa, masyarkat tidak harus melapor ke Kantor Kepolsian, tetapi cukup dengan duduk bersama dan musyawarah di berugak kemitraan yang dilaunching hari ini,” kata Paulus Pangka.

Karena itu, Leprid memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolres Lombok Tengah AKBP Kholilul Rohman yang telah menginisiasi program Berugak Kemitraan Polisi dan Masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah.

“Atas penghargaan ini, Leprid akan memberikan piala, medali, piagam dan buku teknis atas rekor baru lembaga Leprid ini,” tutup Paulus Pangka yang kemudian menyerahkan piala, medali dan piagam kepada Kapolda NTB Inspektur Jenderal Drs Achmat Juri SH, M.Hum, Kapolres Lombok Tengah dan Wakil Bupati Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri.

Sementara itu, Kapolres Lombok Tengah AKBP Kholilul Rohman berharap, dengan adanya program pranata sosial berupa BKPM itu akan semakin memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat maupun kalangan wisatawan yang bertandang ke daerah ini.

Berugak Kemitraan Polisi dan Masyarakat itu akan ditempatkan di seluruh wilayah Kekadusan di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Tengah.

Kenapa harus Berugak?, Kapolres Kholilul Rohman yang dalam waktu dekat akan pindah tugas ke Polres Probolinggo itu menjelaskan, bahwa Berugak merupakan bangunan tradisional masyarakat di pulau Lombok yang digunakan multi-fungsi, baik untuk menerima tamu hingga membahas segala persoalan yang terjadi di desa.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.