Pesona Goa Mumber Sumbawa Barat

Goa Mumber, Monteh, Sumbawa

Goa Mumber berada di desa Bangkat Monteh, kecamatan Brang Rea, kabupaten Sumbawa Barat. Dari kota Taliwang, perjalanan menggunkan motor sekitar 20-30 menit ke arah timur, papan petunjuk jalan nampak jelas terpampang menuju ke arah Brang Rea.

Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan panorama hamparan sawah serta bukit, mendekati desa Bangkat Monteh kita akan disambut oleh sungai yang membentang lebar, iya karena Desa Bangkat Monteh merupakan desa terakhir yang berhadapan langsung dengan hutan.

Informasi pemandu untuk menuju Goa Mumber ini bisa kita peroleh di balai kantor desa, yang berada di salah satu sudut perempatan jalan yang berada dekat lapangan desa, sambutan ramah dari aparat desa serta para pemuda yang akan memandu kita menuju goa sangat kental terasa.

Dari desa menuju pintu hutan kita lalui dengan ojek motor atau pick up, sekitar 20 menit, dengan medan yang relatif offroad, suguhan panorama pohon pohon besar serta kabut akan menyambut kita serta hawa sejuk menyentuh kulit.

Dari salah satu pintu hutan, mulailah kita trekking selama lebih kurang 1 jam berjalan kaki, pastikan logistik yang cukup untuk menemani aksi terabas hutan menuju Goa Mumber yang berada di dalamnya.

Sepanjang perjalanan menembus hutan, nyamuk dengan setia berterbangan & menempel di tubuh, sebaiknya siapkan lotion pengusir nyamuk dan mengenakan pakaian lengan panjang, sejuknya hawa hutan, kicauan burung menjadi nuansa khas yang mewarnai jelajah rimba Goa Mumber.

Sampai di mulut goa yang berupa ceruk masuk ke dalam perut bumi, stalagmit & stalagtit berbagai ukuran menyambut kita, di mulut goa terdapat areal lapang yang bisa digunakan untuk mendirikan 6 tenda dan membuat api unggun.

Memasuki dalam Goa Mumber, harap berhati-hati dalam melangkah karena jalan menurun serta gelap, sampai di bawah, terasa tanah dan udara yang lembab, serta suara suara kelelawar, namun alhamdulillah tidak tercium aroma khas goano, dengan pandangan yang terbatas diperkirakan luas Goa Mumber seperti lapangan sepak bola, sangat takjub dengan ciptaan Tuhan yang eksotis.

Transportasi

  • Perjalanan dapat menggunakan sepeda motor maupun Mobil dari kota Mataram menuju pelabuhan Kayangan di Lombok Timur sekitar 2,5 jam
  • Menyeberang menggunakan kapal Ferry menuju pelabuhan Pototano Sumbawa barat sekitar 2 jam perjalanan dari pototano menuju kota Taliwang sekitar 1,5 jam
  • Dari kota Taliwang menuju desa bangkat monteh Brang Rea, jalan raya telah teraspal mulus, Insyaa Alloh jalur aman nyaman, sepanjang jalan banyak perumahan warga
  • Dari kantor desa Bangkat Monteh menyewa ojek motor/pick up untuk menuju pintu hutan. Setelah mendapat ijin dari aparat desa, akan disediakan pemandu yang ramah serta tangkas untuk menemani perjalanan kita di hutan sampai ke Goa Mumber.

Bekal Jelajah Hutan Goa Mumber

  • Air mineral botol & makanan ringan (logistik)
  • Kompor gas, perlengkapan masak, tenda (jika akan bermalam)
  • Obat obatan pribadi, lotion pengusir nyamuk
  • Senter yang banyak dan lampu portable besar serta daya tahan lama

Jadi, kapan rencana jelajah Pesona Goa Mumber Sumbawa Barat ini?

Komentar Anda