KPU NTB Tetapkan 765 DCT DPRD

Lombokita - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB menetapkan 765 Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu Legislatif DPRD Provinsi NTB Pemilu 2014 mendatang.

"765 Caleg akan memperebutkan 65 Kursi di DPRD NTB." ujar Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan KPU NTB, H. Ilyas Sarbini, Jum'at (23/8/2013).

Dijelaskan olehnya dari, 765 caleg tersebut terdiri dari 478 laki-laki dan 287 perempuan. Dari jumlah ini, tingkat keterwakilan perempuan dalam pileg tahun 2014 mendatang sebanyak 37,52 persen.

Disebutkan, dari DCT yang diumumkan ini terdapat dua perubahan dan pergantian nama yang disebabkan karena ada dua caleg yang meninggal dunia sebelum DCT diumumkan, dua calon yang meninggal berasal dari Partai Bulan Bintang (PBB) Dapil 5 no urut 1. Sedangkan yang kedua berasal dari Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) Dapil 3.

"Pada tanggal 21 Agustus 2013 PBB telah melakukan pengajuan pergantian." ungkapnya.

Dari dua partai yang calonnya meninggal, PBB mengajukan pergantian setelah mengajukan berkas dan KPU melakukan pemeriksaan dan calon tersebut memenuhi syarat maka KPU menyatakan pengantinya masuk di DCT.

Sedangkan untuk PKPI tidak mengajukan calon pengganti, dengan tidak melakukan penggantian maka otomatis nama calon tersebut akan hilang atau kosong disurat suara.


"No urut tidak akan berubah, tetapi namanya akan kosong di surat suara."  ujarnya (zan)