Kesehatan Anak/Liputan6

Pola makan yang tidak tepat pada anak dapat mengganggu kesehatan, perkembangan otak, dan pertumbuhan fisik mereka. Bila gizi yang diberikan seimbang, dapat mencegah anak dari obesitas dan penyakit berbahaya di masa mendatang.

Salah satu hal yang mesti diperhatikan adalah pemberian gula. Anak-anak sangat menyukai makanan manis, tapi terlalu banyak pun bisa merusak gigi dan berisiko obesitas.

Berikut beberapa pola makanan yang harus diberikan pada anak, seperti disampikan Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr Elvina Karyadi.

  • Menentukan kecukupan energi dan semua zat gizi seimbang. Asupan protein, lemak, dan vitamin harus seimbang agar tubuh memiliki energi untuk melakukan aktivitas.
  • Makanan disesuaikan dengan pola menu seimbang. Makan pagi, siang, dan malam setidaknya harus mengandung 1500 kalori.
  • Porsi harus disesuaikan dan bentuk makanan sesuaikan dengan daya terima anak. Jangan memaksakan porsi makan anak Anda. Biarkan dia menikmati makanannya dengan kapasitas yang dia miliki.
  • Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menyatap makanannya. Misalnya anak Anda tidak ingin mencampur makanannya dengan yang lain, dan biarkan dia menikmati makanannya dengan caranya sendiri.

Komentar Anda