Polda NTB Penuhi Kriteria Menjadi Tipe A

LOMBOKita – Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri Irjen Pol Bambang Sunarwibowo mengungkapkan Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat dinilai telah memenuhi kriteria untuk naik status menjadi Tipe A.

“Kalau secara umum, ini (Polda NTB) memenuhi kriteria. Namun semuanya bergantung pada keputusan akhir (dari Presiden),” kata Irjen Pol Bambang Sunarwibowo di Mataram, Kamis.

Asrena Kapolri mengungkapkan hal tersebut usai melakukan kunjungan bersama rombongan ke Mapolda NTB. Dalam kunjungannya, Asrena Kapolri disambut oleh Kapolda NTB Brigjen Pol Firli.

Dia mengakui bahwa rencana peningkatan status untuk Polda NTB telah diungkapkan sebelumnya oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, bersama dengan Polda Jambi dan Kalimantan Selatan.

Namun untuk memenuhi kriteria tipe A, Polda harus melengkapi beberapa persyaratannya. Terutama penerapan pola keamanan yang berpengaruh pada pertumbuhan daerah.

“Makanya kehadiran kami di sini untuk melakukan penilaian, sejauh mana kesiapan Polda dalam menghadapi perkembangan situasi yang ada di daerahnya,” ujar Bambang.

Nantinya, hasil penilaian tersebut akan dikaji kembali di pusat. Kemudian hasilnya akan diserahkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

“Setelah hasilnya kita serahkan ke Kemenpan-RB, disana akan dikaji kembali, apabila sudah memenuhi persyaratan maka hasilnya akan diajukan ke Presiden,” ucapnya.

Komentar Anda