NTB Perlu Antisipasi Isu Sara di Pilkada

Politik
Typography

LOMBOKita - Nusa Tenggara Barat dinilai perlu mengantisipasi munculnya isu SARA melalui jejaring sosial di momentum pemilihan kepala daerah (pilkada) pada tahun 2018.

"Seperti yang terjadi di Pilkada Jakarta, itu kan sudah menjadi suatu pembelajaran bagi daerah lain. Untuk itu ayok dong antisipasi, polisi sudah siapkan unit cyber patrol-nya, sekarang bagaimana dengan pemerintah dan stakeholder lainnya," kata Komisioner Kompolnas Andrea H Poeloengan di Mataram, Sabtu.

Untuk itu, Kompolnas mengharapkan kepada pemerintah untuk segera mengambil tindakan. Selain menyiapkan masalah anggaran dan logistik, pemerintah dinilai perlu menyusun langkah untuk memberikan edukasi bagi masyarakat.

"Mungkin dari kepolisian bisanya hanya sebatas memberikan pemahaman terkait pidananya saja, tapi tindaklanjutnya ada di pemerintah. Harus konsentrasi itu, Panwas dan KPUD-nya," ujar Andrea.

Begitu juga dengan pelaksanaan pengamanannya di lapangan, pemerintah bersama kepolisian perlu memetakan daerah yang memiliki potensi konflik sosial. Termasuk jumlah anggota keamanan yang akan ditugaskan mengawal pelaksanaan di daerah.

Untuk perhelatan pilkada serentak di NTB, KPU NTB dikabarkan telah merampungkan sejumlah perangkat kebutuhannya. Namun secara keseluruhan, hal itu masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat. (ant)

http://goo.gl/q5RMoN << silakan download file apk untuk Android Anda.

Kami coba hadirkan android app agar anda bisa akses laman website LOMBOKita langsung di hape.

Kami menerima masukan setelah mencoba app tersebut. terima kasih.