Potensi Kerugian Pariwisata Akibat Erupsi Gunung Agung

Tajuk Koran Republika

288
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Bencana meletusnya Gunung Agung menimbulkan dampak kerugian yang amat banyak. Secara ekonomi dan industri pariwisata sangat terasa. Malansir dari laman Republika, berikut ulasannya.


Sepanjang hari kemarin puluhan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta dibatalkan. Setidaknya 94 penerbangan dari Jakarta menuju Bali dan beberapa penerbangan yang membutuhkan transit di Bandara Internasional Ngurah Rai dibatalkan. Hal yang sama juga dialami oleh penerbangan menuju Bali dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri akibat kembali ditutupnya Bandara Ngurah Rai sampai Rabu (29/11) pagi ini pukul 07.00.

Kita berharap penutupan Bandara Ngurai Rai tidak berkepanjangan. Dan hari ini bandara tersebut benar-benar kembali dibuka sehingga pergerakan orang dari dan menuju Bali melalui jalur udara bisa berjalan normal. Dengan begitu, aktivitas ekonomi di bandara Bali dan sekitarnya tidak begitu terdampak erupsi Gunung Agung.

Batalnya puluhan penerbangan menuju dan keluar Bali merupakan sisi lain akibat dari bencana erupsi Gunung Agung. Kita menyadari, bencana erupsi ini telah membuat puluhan ribu warga Bali mengungsi. Mereka hidup di sejumlah titik pengungsian. Para pengungsi ini perlu mendapat perhatian dari pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat. Organisasi-organisasi kemasyarakatan juga dibutuhkan untuk bahu-membahu dalam meringankan kesusahan yang dialami pengungsi.

Penanganan pengungsi yang terkoodinasi dengan baik akan membuat masyarakat yang sedang menghadapi cobaan berat ini lebih ringan menghadapinya. Mudah-mudahan pengalaman pemerintah selama ini dalam menghadapi bencana, membuat penanganan pengungsi akibat erupsi Gunung Agung berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Loading...

Kita juga berharap, aktivitas erupsi Gunung Agung akan menurun. Sehingga, tidak hanya pengungsi yang akan menyambut dengan lebih lega penurunan tersebut, tetapi juga Bandara Ngurah Rai akan beroperasi secara normal kembali.

Semoga hari ini bandara di Pulau Dewata tersebut benar-benar beroperasi kembali. Kalau akhirnya erupsi Gunung Agung masih belum dapat diprediksi kapan berakhirnya, mudah-mudahan masyarakat pariwisata di Bali dapat menghadapi masalah ini dengan lapang dada.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.