Prancis Taklukkan Uruguay 2-0

18
kali tampilan.

LOMBOKita – Prancis memastikan tempat di semifinal Piala Dunia 2018 setelah menundukkan Uruguay 2-0 dalam laga di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (6/7). Gol yang membawa Prancis meraih tiket empat besar dilesakkan Raphael Varane pada menit ke-40 serta Antoine Griezmann pada menit ke-62.

Di semifinal, pasukan Didier Deschamps akan bertemu pemenang laga perempat final antara Belgia melawan Brasil yang akan digelar Senin dini hari WIB, mulai pukul 01.00 WIB. Partai semifinal akan digelar pada Selasa (10/7) atau Rabu dini hari WIB di Saint Petersburg. Ini akan menjadi semifinal keenam yang dimainkan Prancis sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Dunia.

Uruguay tak bisa menurunkan penyerang andalan Edinson Cavani yang absen. Penyerang Paris Saint Germain itu belum pulih dari cedera.

Pelatih Oscar Tabarez masih memiliki penyerang andal lainnya yakni Luis Suarez. Striker Barcelona ini ditugaskan bersama Cristhian Stuani mendobrak lini belakang Prancis.

Di kubu Prancis, pelatih Didier Deschamps mengandalkan Olivier Giroud sebagai penyerang tunggal di lini depan. Dalam formasi 4-2-3-1, dia akan ditopang trio Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, serta Corentin Tolisso.

Urugauy berhasil menguasai bola pada menit-menit awal pertandingan. Mereka bahkan mendapat peluang pada menit keempat melalui aksi Stuani. Namun bola sodoran Nahitan Nandez itu gagal dimaksimalkan penyerang Girona ini meski berada dalam posisi yang bagus.

Melewati 10 menit pertama, Prancis mulai mendominasi penguasaan bola. Penguasaan bola bahkan nyaris mencapai 60:40 untuk keunggulan Prancis. Pasukan Deschamps sempat melakukan beberapa tekanan ke gawang Uruguay namun gagal membuahkan gol.

Pada menit ke-35, giliran Uruguay yang mendapat peluang. Mathias Vecino berhasil melepaskan tendangan kaki kanan namun berhasil diredam dengan baik oleh kiper Hugo Lloris.

Prancis akhirnya mengakhiri kebuntuan lima menit kemudian. Gol yang membawa Prancis unggul dilesakkan Raphael Varane pada menit ke-40.

Gol berawal dari tendangan bebas yang dikirim Antoine Griezmann. Penyerang Atletico Madrid ini mengirimkan umpan lambung ke mulut gawang dan disambar dengan baik oleh Varane. Bola yang melesak ke pojok kanan bawah tak bisa dijangkau kiper Fernando Muslera.

Uruguay sebenarnya memiliki dua peluang setelah kebobolan. Namun salah satu peluang mereka digagalkan kiper Lloris yang berhasil diblok.

Memasuki babak kedua, Prancis tetap mendominasi penguasaan bola. Unggul 1-0 rupanya belum membuat mereka merasa aman. Mereka pun terus berupaya menambah gol.

Pada menit ke-57, Uruguay berhasil melakukan tekanan berbahaya. Namun tendangan Martin Caceres gagal menemui sasaran.

Alih-aih mencetak gol yang menyamakan skor, Uruguay justru kembali kebobolan setelah laga berlangsung satu jam. Prancis menambah keunggulan menjadi 2-0 melalui aksi Antoine Griezmann pada menit ke-62.

Gol berawal dari sodoran yang dikirim Corentin Tolisso dari kanan. Griezmann kemudian melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Kiper Fernando Muslera sebenarnya mampu memblok namun bola tetap masuk ke gawang.

Menit ke-67, terjadi insiden ketika Mbappe tiba-tiba terjatuh setelah tersenggol pemain Uruguay. Kapten Uruguay, Diego Godin, yang menganggap Mbappe berpura-pura berupaya membuat pemain PSG itu bangkit.

Peristiwa ini segera memicu kericuhan di antara para pemain kedua tim. Hasilnya, Mbappe dan Cristian Rodríguez diganjar kartu kuning.

Prancis kembali mengancam gawang Uruguay pada menit ke-72. Tolisso melepaskan tendangan melengkung ke arah gawang Uruguay namun bola lewat di atas mistar.

Prancis kembali mendapat peluang melalui tendangan bebas pada menit ke-88. Namun kali ini tembakan Griezmann tak mengarah ke sasaran. Memasuki menit-menit terakhir, Uruguay berupaya mencetak gol namun selalu kandas. Skor 2-0 untuk keunggulan Prancis bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain:
Uruguay (4-1-2-1-2): 1 Fernando Muslera; 22 Martín Caceres, 2 Jose Gimenez, 3 Diego Godin, 17 Diego Laxalt; 8 Nahitan Nández (20 Urreta 73); 6 Rodrigo Bentancur (7 Cristian Rodríguez 59), 14 Lucas Torreira; 15 Matias Vecino; 9 Luis Suarez, 11 Cristhian Stuani (18 Maxi Gomez 59)

Prancis: 1 Hugo Lloris; 2 Benjamin Pavard, 4 Raphael Varane, 5 Samuel Umtiti, 21 Lucas Hernández; 6 Paul Pogba, 13 N’Golo Kanté; 10 Kylian Mbappe (11 Ousmane Dembele 88), 7 Antoine Griezmann (18 Nabil Fekir 90), 12 Corentin Tolisso (15 Steven N’Zonzi 80); 9 Olivier Giroud.