Puluhan Desa di Enam Kecamatan Di Lotim Krisis Air Bersih 

37
kali tampilan.

LOMBOKita – Puluhan Desa di enam kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Timur mengalami kekeringan sehingga menyebabkan krisis air bersih. Diantaranya Kecamatan Keruak,Jerowaru, Sakra Timur,Pringgebaya, Suele dan Terara.

Hal ini ditegaskan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur,L.Rusnan kepada media ini saat dikonfirmasi. ” Ada sekitar kurang lebih 50 desa yang mengalami krisis air bersih akibat kekeringan di enam kecamatan di Lotim,” tegasnya.

Ia menjelaskan sebagai bentuk upaya dari pemerintah daerah untuk membantu masyarakat yang mengalami krisis air bersih tersebut. Dengan tentunya telah menyiapkan anggaran yang cukup singifikan,termasuk juga mengenai pengaturannya pembagian camat yang mengaturnya.

Dengan melakukan mobilisasi ke lokasi krisis air berupa mobil tangki yang berasal dar Palang Merah Indonesia (PMI),Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM),Dinas Sosial (Disos),BPBD, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK),mobil tangki milik warga,Badan Usaha Milik Daerah (BUMD),TNI dan Polri.

” Semua armada dikerahkan untuk membantu warga yang mengalami krisis air baik yang berada di wilayah gempa maupun diluar itu,” ujarnya.

Sementara itu,lanjut Rusnan,biaya pendrofingan atau pendistribusian air bersih untuk masyarakat yang mengalami krisis gratis sebagaimana arahan Bupati Lotim. Dengan tidak memperbolehkan warga untuk melakukan pembelian air bersih.

Karena pemerintah daerah telah menyiapkan anggaran untuk itu yang dinilai relatif besar sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah atas persoalan masyarakat yang dialami saat ini.

” Air bersih yang didistribusikan tidak boleh warga membeli,akan tapi gratis dengan anggarannya sudah diberikan kepada camat yang mengalami krisis air untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tandas Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim,L.Rusnan.

Keterangan Foto : Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim,L.Rusnan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.