Sinusitis
ilustrasi Sinusitis

LOMBOKita – Sinusitis sekilas terlihat serupa dengan hidung mampet pada flu. Namun, sinusitis memiliki perbedaan dengan flu seperti keluar lendir yang berwarna kuning-kehijauan. Apakah Anda pernah mengalami sinusitis? Atau pernah mengalaminya akan tetapi tidak menyadarinya, maka dari itu yuk, lebih mengenal sinusitis dan cara menanganinya lewat penjelasan berikut ini!

Apakah itu sinusitis?

Sinus sendiri merupakan rongga kecil berisi udara yang tersebar di beberapa bagian kepala untuk menghasilkan lendir, seperti di kedua sisi batang hidung, belakang dahi, belakang tulang pipi, serta di belakang mata.

Banyak yang salah paham tentang keberadaan lendir, nih. Lendir yang dihasilkan sinus sebenarnya sangat bermanfaat bagi tubuh karena berperan dalam menjaga suhu serta kelembapan ideal udara yang masuk ke paru-paru. Namun, karena adanya infeksi virus, bakteri, serta jamur, dinding sinus jadi menebal dan mengalami peradangan.

Inilah yang kemudian memicu beberapa gejala sinusitis, seperti:

  • Suhu tubuh yang meningkat hingga 38 celsius
  • Sakit di area kepala dan tenggorokan
  • Hidung tersumbat, dengan keluarnya lendir berwarna kuning-kehijauan
  • Nyeri di area wajah dan dahi
  • Batuk disertai penurunan kemampuan indera penciuman

Penanganan sinusitus secara sederhana

Menguapi hidung
Caranya, sediakan air hangat di baskom. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalamnya. Posisikan kepala sedemikian rupa agar uap yang dihasilkan dapat terhisap oleh hidung. Hirup uap panas secara perlahan, sebab menghirup uap dengan kuat, justru akan membuat rongga hidung mengalami iritasi, lho.

Mengompres hidung
Caranya, sediakan air hangat dan handuk. Lalu, celupkan handuk, peras, dan langsung tempelkan ke hidung. Walau terlihat simpel, namun cara ini ampuh untuk kembali melegakan hidung, lho!

Melembapkan hidung dengan menggunakan neti pot
Mungkin hal ini masih terdengar asing bagi Anda, namun neti pot merupakan alat berbentuk pot kecil yang digunakan untuk mengalirkan air ke dalam lubang hidung secara bergantian. Agar lebih efektif, Anda dapat membuat campuran air garam yang dijamin ampuh untuk membuang lendir di rongga hidung.

Nah, jika Anda mengalami hidung tersumbat dengan kondisi yang parah serta berlangsung lama, bisa jadi Anda mengalami gejala sinusitis, tuh! Namun, ada juga beberapa jenis polip yang memicu hidung Anda jadi tersumbat. Jadi, selalu pastikan kondisi kesehatan Anda dengan rutin berobat ke dokter, ya!