Ratusan Hektar Hutan  Di Lotim Terbakar

117
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita -Ratusan hektar Hutan Kemasyarakatan (HKM) di kawasan PKPH Rinjani Timur Desa Gunung Malang,Kecamatan Pringgebaya mengalami kebakaran sejak beberapa hari terakhir ini. Dengan lokasi kebakaran di  Dusun Aik Manis,Dusun Leper, dan Dusun Permatan Desa Gunung Malang Kec. Pringgabaya Kab. Lotim‎

Sementara petugas dari Sabhara Polres Lotim bersama anggota Polsek Pringgebaya,Dinas Lingkungan Hidup Provinsi NTB dan petugas KPH Rinjani Timur terus berusaha melakukan pemadaman api agar tidak meluas ke tempat lain.

Kapolsek Pringgebaya,AKP Amar Makruf,SIK saat dikonfirmasi membenarkan kalau pihaknya telah menerima laporan mengenai adanya kebakaran hutan kawasan HKM wilayah PKHP Rinjani Timur. Dengan dugaan sementara penyebab kebakaran faktor sengaja dilakukan oleh oknum warga setempat untuk membuka lahan baru.

” Dugaan sementara penyebab kebakaran hutan sengaja dibakar oleh warga yang ingin membuka lahan baru, akan tapi pihaknya masih melakukan penyelidikan,” tegasnya.

Ia menegaskan lahan yang terbakar terbakar tersebut sebagian besar ditumbuhi rumput kering dan semak-semak yang saat musim kemarau ini dalam kondisi kering. Sehingga tentunya mudah terbakar dan menjalar ke tempat lain dengan cepatnya apabila terkena percikan api.

Sementara untuk pihaknya sudah dua hari langsung terjun ke lokasi untuk melakukan pemadaman api dengan menggunakan alat pemadam kebakaran.Dengan melibatkan tim gabungan untuk memadamkan api tersebut agar tidak menjalar ke lokasi lainnya.

” Barusan kami turun dari lokasi kawasan hutan HKM untuk melakukan pemadaman api agar tidak meluas,” tegasnya.

Sementara lanjut, Amar Makruf, meminta kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan. Karena tentunya sudah ada ancaman hukuman yang akan dijatuhkan apabila nantinya masyarakat ditemukan melakukan pembakaran hutan dengan sengaja.

” Kalau hasil penyelidikan nantinya ada warga yang ditemukan terbukti melakukan pembakaran dikawasan hutan dan lahan,maka tentunya kami akan proses sesuai dengan hukum yang ada,” tandasnya.‎

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.