Rayakan Hari Jadi Lotim, Dedare Setungkeplingsar Tampil “Berajong Lembit” Bawa Dulang

723
kali tampilan.
(ka-ki): Kepala Desa Setungkeplingsar, Saipul Muslimin didampingi Sekdes Hisalihin saat mendampingi lima gadis pembawa saji dalam parade dulang merayakan Hari Jadi Lombok Timur ke-124
Loading...

LOMBOKita – Menyemarakkan dan memeriahkan perayaan Hari Jadi Kabupaten Lombok Timur ke-124, pemerintah Desa Setungkeplingsar Kecamatan Keruak ikut ambil bagian pada momen membahagiakan seluruh warga di daerah Patuh Karya itu.

Kepala Desa Setungkeplingsar, Saipul Muslimin, S. Pd menjelaskan, pemerintah desa Setungkeplingsar tidak ingin ketinggalan untuk ikut memeriahkan perayaan hari jadi Kabupataen Lombok Timur yang digelar pada Sabtu (331/8/2019).

Dalam parade dulang yang mewarnai acara hari jadi Kabupaten Lombok Timur yang pertamakali dirayakan itu, Pemerintah Desa Setungkeplingsar menampilkan lima orang gadis berparas cantik yang ada di desa tersebut untuk membawa dulang saji, yang diparadekan bersama seluruh peserta dari 254 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Lombok Timur.

“Kami menampilkan lima dedare solah berajong lembit (gadis berparas cantik dengan ayunan langkah yang gemulai) membawa dulang saji,” kata Saipul Muslimin yang ikut di baris depan para gadis pembawa dulang saji.

Lima gadis desa Setungkeplingsar pembawaa dulang meraayakan Hari Jadi Lombok Timur ke-124

Menurutnya, meski desa yang dipimpinnya itu berada di pelosok dan wilayah perbatasan dengan Kabupaten Lombok Tengah, namun kecintaan dan rasa memiliki daerah Lombok Timur cukup kuat, sehingga perayaan hari ulang tahun itu pun harus ikut dimeriahkan.

“Sebenarnya banyak warga desa kami yang ikut membawa dulang, namun karena dibatasi jumlahnya hanya lima orang, yaa lima orang yang kami bawa ke lokasi pusat perayaan. Mudahan tahun-tahun berikutnya bisa lebih banyak lagi biar lebih semarak,” pungkas Kepala Desa Setungkeplingsar dua periode itu.

Dalam parade dulang itu, lima dedare pembawa dulang saji lengkap pakaian adat Sasak dipimpin langsung oleh Kepala Desa bersama Sekretaris Desa Hissalihin, S. Pd hingga titik finish di pendopo bupati.

Sekretaris Desa Setungkeplinsar Hissalihin menambahkan, acara parade dulang merayakan hari jadi Kabupaten Lombok Timur yang baru pertamakali dilaksanakan itu merupakan momen bersejarah. Karena baru kali ini Lombok Timur merayakan hari jadi.

“Kami bersama seluruh masyarakat Desa Setungkeplingsar turut bahagian dan mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Lombok Timur. Semoga semakin maju dan unggul di segala bidang,” papar Hissalihin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.