Review Buku: Manajemen Pelayanan Publik

Direview oleh Dinda Aprilia Nikmayukha*

42
kali tampilan.

LOMBOKita – Di dalam buku manajemen pelayanan publik ini banyak menjelaskan tentang bagaimana menciptakan pelayanan publik yang baik dan berorientasi kepada masyarakat. Pelayanan publik dalam buku ini dimaknai sebagai pelayanan dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Penilaian kinerja pemerintahan dapat dilihat dari pelayanannya kepada masyarakat, jika pelayanan para aparat pemerintahan kepada masyarakat telah dijalankan dengan maksimal maka otomatis kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintahan akan meningkat.

Indikator kepuasan masyarakat juga merupakan tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan. Didalam buku ini juga dijelaskan bahwa masyarakat sebagai penerima pelayanan harus dilayani dengan sebaik- baiknya dan seadil- adilnya. UU No 25 Th 2009 tentang pelayanan publik pada pasal 2 menyebutkan bahwa pelayanan publik dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum dalam hubungan antara masyarakat dengan penyelenggara negara dalam penerimaan pelayanan publik.

Pada nyatanya dapat kita ketahui masih ada pelayan publik yang belum menerapkan pelayanan yang baik kepada masyarakat selaku penerima pelayanan publik, tidak jarang masyarakat dibuat kebingungan dengan sistem pelayanan yang diterapkan. Hal ini yang menjadi penyebab masyarakat enggan untuk mengurus kewajiban mereka jika hal tersebut berhubungan dengan pelayanan aparat pemerintahan.

Mengenai ketentuan pelayanan dalam buku ini dijelaskan ada beberapa aspek ketentuan pelayanan yang mempengaruhi kualitas pelayanan aparat pemerintahan diantaranya adalah keandalan, tanggapan yang baik, kecakapan yang berwenang, jalan untuk memulai, sopan santun, hubungan baik, kepercayaan, jaminan, pengertian dan juga penampilan yang baik. Mungkin aspek-aspek tersebut kurang diperhatikan oleh pelatan publik yang tidak melayani masyarakat dengan baik, hal-hal tersebut tidak dapat dipungkiri memang menjadi hal yang sangat penting dilakukan agar pelayanan publik yang baik dapat dicapai.

Tak lupa dalam buku ini juga menjelaskan konsep good governance (menjalankan program kerja sesuai visi misi pemerintah, melaksanakan pelayanan secara profesional). Konsep good governance dianggap sebagai goals, hal tersebut merupakan bukti dari adanya usaha membangun pemerintahan secara baik.

Tetapi yang harus diperhatikan sebelum menerapkan konsep good governance yaitu memperhatikan sistem perekrutan sumber daya manusia yang akan menjadi aparat pemerintan, jika sumber daya manusia yang ada dalam pemerintahan berkualitas baik maka konsep good governance dapat diterapkan dan dicapai dengan mudah.

*Cetakan ke 2, Desember 2017
Penulis : Penulis: Hayat, S.A.P.,M.Si
Direview oleh: Dinda Aprilia Nikmayukha (Mahasiswi semester 2, Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Negara, Universitas Islam Malang).

Penerbit: Raja Grafindo Persada