Ribuan Penenun Meriahkan Alunan Budaya Pringgasela

Ribuan penenun kain songket dihadirkan dalam kegiatan alunan budaya Pringgasela

LOMBOKita – Kegiatan Alunan Budaya Pringgasela Kabupaten Lombok Timur berlangsung meriah. Pada kegiatan yang dilaksanakan secara swadaya oleh masyarakat ini dihadiri sebanyak 1.350 orang penenun setempat, Senin (11/9/2017).

Acara yang dilaksanakan di simpang empat tugu Pringgasela ini pun menyedot perhatian masyarakat dan para wisatawan yang berada di daerah itu.

Para penenun yang berjejer rapi di sepanjang jalan Pringgasela itu memperagakan cara membuat kain tenun.

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Lombok Timur HM. Ali Bin Dachlan, Wakil Bupati H. Haerul Warisin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lalu Suandi, Dinas Pariwisata Provinsi NTB dan unsur muspika kecamatan Pringgesela.

Ketua Panitia Penyelenggara, Eka Karisma Novandi mengatakan, kegiatan ini terselenggara atas semangat kebersamaan dan ingin melestarikan budaya nenek moyang yang secara turun temurun dilaksanakan oleh masyarakat.

Hasil tenun Pringgesela ini, menurut Eka, diminati masyarakat lokal hingga internasional. “Kualitasnya sangat bagus, sudah banyak banyak yang dikirim ke luar negeri,” kata Eka.

Meski demikian, Eka menyayangkan sikap pemerintah daerah yang kurang memberikan perhatian, terutama dana peneyelenggaraan.

“Kami butuh dukungan pendanaan dari pemerintah daerah. Kalau kami hanya bisa menawarkan ide dan gagasan, tetapi jika tanpa disertai dukungan dana, bagaiman bisa terlaksana secara maksimal,” pungkas Eka.

Camat Pringgesela, Iskandar mengakui keberadaan penenun Pringgesela sangat banyak, akan tapi masih kurang perhatian untuk mengembangkan usaha tersebut.

Komentar Anda