“Rinjani Valley” Siap Penuhi Kebutuhan Sayur dan Buah

2904
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Memakan sayuran dan buah secara rutin setiap hari diyakini bisa menurunkan berbagai risiko penyakit seperti stroke, penyakit jantung, diabetes, serta obesitas.

Wajar saja, lantaran sayuran dan buah-buahan kan kaya serat, sumber vitamin, kaya mineral dan kandungan antioksidan dan rendah kalori.

Bicara sayuran dan buah-buahan ini, Srikarni Wahyuni, supplier sayuran dan buah-buahan segar di pulau Lombok Nusa Tenggara Barat secara blak-blakan menceritakan kiat suksesnya membudidayakan aneka sayuran dan buah-buahan yang dibutuhkan masyarakat di daerah ini.

Tidak saja sayuran dan buah-buahan segar untuk kebutuhan rumah tangga, pemilik “Rinjani Valley” yang memulai usahanya sejak tahun 2010 itu hingga sekarang ini siap memenuhi kebutuhan sayuran dan buah-buahan untuk pasar-pasar tradisional, swalayan, restoran bahkan untuk perhotelan yang ada di daerah ini.

Memulai usaha sayuran dan buah-buahan segar ini, menurut Srikarni Wahyuni yang biasa dipanggil Yuyun ini karena keinginannya membantu para petani yang masih menggunakan pola tanam lama yang berdampak pada penghasilan yang sangat minim dibanding biaya produksi yang dikeluarkan, khususnya di wilayah Mataram dan Senggigi.

Loading...

“Tujuan saya hanya ingin membantu sesama, dengan berusaha mengubah pola pikir dan pola tanam petani dari tradisional menjadi modern agar pendapatan petani dari usaha sayuran dan buah-buahan itu juga bisa meningkatkan perekonomian dan sektor pariwisata yang saat ini sedang dikembangkan oleh pemerintah,” tutur wanita berpenampilan sederhana ini kepada Lombokita.com.

Jadilah inspirasi yang bermanfaat buat orang lain

Sampai saat ini, Rinjani Valley telah memiliki beberapa kelompok tani binaan untuk ikut mengembangkan usaha sayuran dan buah-buahan lokal serta beberapa jenis buah-buahan luar daerah.

Dibantu suaminya yang memang ahli di bidang pertanian, membuat semangat Ibu Yuyun semakin terpacu mengembangkan usahanya yang saat ini telah mengangkat beberapa orang sebagai karyawan sebagai bentuk kepeduliannya untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Rinjani Valley Supplier, menurut Srikarni Wahyuni, hanya mampu melayani kebutuhan sayuran dan buah-buahan segar di sekitar Mataram dan Gili Trawangan. Karena untuk mengembangkan usaha ke luar daerah membutuhkan biaya dan tenaga yang cukup besar.

“Kendalanya hanya permodalan. Sebab saya tidak ingin menjalankan usaha ini dengan mengandalkan modal pinjaman seperti perbankan maupun lembaga keuangan lainnya. Bunga cukup besar bikin lelah mikirnya. Biar berjalan apa adanya saja dulu,” ucap perempuan kelahiran Lombok Timur ini.

Meski demikian, Srikarni Wahyuni mengakui, awal memulai usahanya ini atas pinjaman modal di sebuah lembaga perbankan.

Rinjani Valley Supplier

Untuk memantapkan manajemen dan administrasi, Srikarni Wahyuni mengikuti pelatihan UKM dari Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) Mataram. “Terima kasih Pak Sonie Nugie,”

Beberapa sayuran dan buah-buahan segar yang dijual Rinjani Valley saat ini diantaranya kangkung, bayam, terong, wortel, kacang panjang, tomat, cabai, semangka, strawberry, pisang, nanas, coklat, markisa dan beberapa sayuran yang dibutuhkan sehari-hari oleh masyarakat.

Ada juga Rukola/Aragula, Spinach English, Sukini, Edible Flower, Coriander/Chilantro/daun ketumbar, Taragon, Origano, Tyme, Sage, Rosmery, Paprika merah kuning hijau, White Radish / lobak, red radish, kul ungu, markisa, tamarelo dan beberapa lagi yang lainnya.

Minat memesan: Hubungi saja “Rinjani Valley Supplier” di nomor kontak 08175791704, email: rinjanivalley_spr@yahoo.co.id atau melalui akun facebook: RinjaniValley Supplier. /adv

“Orang sukses tidak dimulai dari kekayaan, tetapi dari apapun yang bisa diubah menjadi kekayaan” —- Srikarni Wahyuni

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.