Sambut Naval Exercise Komodo, Dinas Pariwisata NTB Akan Bangun Monumen Kemaritiman

185
kali tampilan.
Kepala Dins Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal/Foto: Kicknews
Loading...

LOMBOKita – Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat segera membangun monumen kemaritiman di depan Stadion Malomba, Kota Mataram sebagai bagian menyambut kegiatan Naval Exercise Komodo 2018.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal yang ditemui di sela memantau penataan kawasan objek wisata Pantai Ampenan di Mataram, Jumat, mengatakan, monumen maritim yang akan dibangun itu berupa pemasangan satu unit mobil panser amfibi.

“Kami mendapatkan sumbangan satu unit mobil panser amfibi dari TNI AL, yang akan kami taruh di atas monumen depan Stadion Malomba,” katanya.

Dikatakan, untuk pembangunan monumen tersebut telah disiapkan anggaran Rp200 juta, sekaligus menata pedagang kaki lima (PKL) di Taman Adipura yang berada tepat di depan Stadion Malomba.

Stadion Malomba dan kawasan objek wisata Pantai Ampenan akan menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan Naval Exercise yang akan dihadiri sekitar 5.000 tentara dari 35 negara serta menghadirkan 60 kapal perang yang akan berlangsung 5-9 Mei 2018.

“Karena itu, baik PKL maupun Stadion Malomba harus kami tata dan siapkan, jangan sampai kondisinya mengecewakan para tamu,” katanya.

Loading...

Oleh karena itu, lanjutnya, selain menyiapkan anggaran untuk pembangunan monumen kemaritiman, Dispar NTB juga mengalokasikan anggaran Rp200 juta untuk penataan PKL di Pantai Ampenan.

“Kami tidak ingin, PKL Pantai Ampenan seperti pasar tradisional Kebon Roek,” katanya.

Untuk itu, pihaknya segera membuat desain properti yang digunakan pedagang memiliki standar yang jelas sehingga bernuansa pariwisata (tourism).

“Bila perlu pedagangnya juga kita bina dan minta agar bisa menggunakan pakaian senada yang memberikan ciri khas Kota Mataram,” katanya.

Faozal mengatakan, dua proyek untuk mendukung Naval Exercise akan dikerjakan melalui penunjukan langsung, sehingga dua kegiatan itu ditargetkan tuntas secara bersama sebelum kegiatan Naval Exercise berlangsung.

“Untuk itu, dalam waktu dekat kami segera ekspose desain detail bangunan untuk dua proyek tersebut dengan jajaran Pemerintah Kota Mataram,” ujarnya.

Dalam mendukung program revitalisasi Pantai Ampenan, pada tahun anggaran 2017 Dispar NTB telah membangun ruang publik, tempat berswafoto, serta pengecatan bangunan-bangunan tua di Jalan Niaga dan Pabean Ampenan dengan anggaran sekitar Rp700 juta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.