“Sangkep Warige” Penentuan Bau Nyale 2020, Ini Hasilnya!

145
kali tampilan.
Sangkep Warige penentuan acara Bau Nyale tahun 2020 di Dusun Ende Desa Desa Sengkol Kecamatan Pujut, Sabtu (11/01/2020).
Loading...
Zeinta Tour and Travel - Solusi Ke Baitullah
Zeinta Tour and Travel

LOMBOKita – Untuk menentukan puncak perayaan core event Bau Nyale (menangkap cacing laut) tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah menggelar Sangkep Warige (rapat penentuan bersama para tokoh adat dan masyarakat. Acara dilaksanakan di Dusun Ende Desa Sengkol Kecamatan Pujut, Sabtu (11/01/2020).

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri dan dihadiri sejumlah pejabat Kabupaten Lombok Tengah, pejabat provinsi NTB, kepala desa, tokoh agama serta tokoh budaya dan adat se-Kecamatan Pujut.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Lombok Tengah HL. Pathul Bahri menyampaikan, kegiatan core event Bau Nyale bukan hanya milik Lombok Tengah, tapi sudah menjadi bagian masyarakat NTB bahkan Indonesia. Pasalnya, kegiatan tersebut sudah masuk kalender event nasional.

“Hal ini patut disyukuri dengan cara meningkatkan kualitas kegiatan dari tahun ke tahun. Musyawarah ini akan mengambil suatu kebijakan dan ketentuan yang harus dipublikasikan. Jadi kami ucapkan apresiasi kepada semua pihak yang telah hadir pada kegiatan ini,” ucap Wakil Bupati.

Dengan ditetapkannya core event Bau Nyale sebagai kalender nasional, katanya, akan berdampak pada kunjungan wisatawan semakin tinggi. Sehingga secara otomatis Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Loading...

Menurutnya, PAD tahun lalu hanya Rp 35 miliar meningkat menjadi Rp 215 miliar, sedangkan untuk APBD meningkat menjadi Rp 2,2 triliun.

“Melalui PAD inilah kita mampu mengerjakan berbagai bentuk pembangunan yang ada di Loteng,” jelasnya.

Sementara itu, Sekdis Pariwisata Loteng, Lendek Jayadi mengatakan, kegiatan Sangkep Warige ini merupakan penentuan hari dan tanggal perayaan core event Bau Nyale tahun 2020.

Disamping itu juga, hal ini merupakan salah satu rangkaian pintu utama kesuksesan perayaan kalender event nasional tersebut.

“Kami apresiasi kedatangan semua pihak dalam penentuan perayaan Bau Nyale ini. Ini adalah bagian dari upaya untuk melestarikan budaya dan kemakmuran wisata kita di NTB,” katanya.

Kegiatan Sangkep Warige yang diikuti pemangku dari empat penjuru mata angin menetapkan puncak perayaan core event Bau Nyale jatuh pada hari Jum’at-Sabtu tanggal 14-15 Februari 2020 mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.