Satlantas Polres Lotim Sidang Lima Kasus Diversi Lakalantas

310
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita –Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lombok Timur,selama tahun 2019, telah menyidangkan  lima dari delapan kasus diversi, yaitu kasus kecelakaan lalu lintas,yang menyebabkan korban Meninggal dunia, dengan pelaku anak di bawah umur, yang ancaman hukumannya dibawah tujuh tahun,

“Sebelum dilanjutkan ke Kejaksaan dan Pengadilan, sebagaimana prosudur, terlebih dahulu dilakukan sidang diversi,” ungkap Kanit Laka Lantas Satklantas Polres Lombok Timur Ipda Ayudina Prakasa.

Hasil sidang dispersi inipun, menurut Ayu panggilan akrab Kanit Laka, hasilnya nanti di kirim ke Pengadilan dan kejaksaan,untuk dilanjutkan untuk persidangan.

” Sidang diversi inipun, bukan berarti menggugurkan proses hukum, proses hukum tetap jalan,” sebutnya.

Lebih lanjut Ayu mengatakan, sidang diversi dilakukan terlebih dahulu, karena ada hak pelaku yang dibawah umur yang harus di penuhi, seperti dalam hal mendapat pendidikan, hak mendapat perawatan keluarga dan lainnya,.

“Sidang diversi bagi pelaku dibawah umur hanya berlaku satu kali, kalaupun alami kasus yang sama, maka penanganan tak lagi di sidang dispersi,tetapi langsung ke kejaksaan,” ucapnya.

Disebutkan Ayu, untuk kasus kecelakaan ini, banyak faktor penyebabnya, salah satunya masih banyak orang tua yang memberikan anaknya menggunakan kendaraan, padahal anaknya masih di bawah umur.

“Kita di Satlantas selalu gencar mengimbau dan mengingatkan, agar orang tua, tak memberikan anaknya yang masih dibawah umur menggunakan kendaraan,” katanya.

Dari fakta yang ada, disebutkan Ayu, untuk kasus kecelakaan berlalu lintas ini, yang mendominasi umur 16 – 35 tahun, “Orang tua selalu di ingatkan agar tak memberikan anaknya yang masih dibawah umur untuk mengendarai kendaraan,” katanya.

Bahkan imbauan yang di sampaikan Satlantas,dilakukan semata mata, untuk menjaga keselamatan generasi muda, terutama generasi yang masih dibawah umur.agar jangan sampai nyawanya hilang sia – sia di jalan..007

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.