Setelah ke Kejaksaan, ARM akan Laporkan Bupati Lotim ke Polda dan KPK

419
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Tujuh LSM dan Organisasi Pergerakan Mahasiswa di Lombok Timur yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Merdeka (ARM) melaporkan Bupati Lotim, HM. Sukiman Azmy ke Kejaksaan Negeri Lotim, Senin (21/9/2020). 

Selain Bupati, dilaporkan juga sebuah perusahaan tambak udang dan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Satu Pintu (DPMPSP) Lotim, Muksin.

Ketujuh LSM dan pergerakan mahasiswa tersebut, diantaranya Pergerakan Mahasiwa Islam Indonesia (PMII), Aliansi Masyarakat Menggugat (ALARM), Perkumpulan Gerakan Bangsa (PGK), Lembaga Kajian Kebijakan dan Transparansi (LK2T), Lentera Rinjani, Gaspermindo, Konspederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) dan Prakarsa Lotim.

Zeinta Tour and Travel - Solusi Ke Baitullah
Zeinta Tour and Travel

 
Laporan ARM tersebut dilakukan buntut dari keluarnya surat rekomendasi Bupati terhadap perusahaan tambak Udang PT Sumber Lautan Emas Abadi yang akan melakukan aktivitas di kawasan Suryawangi Kecamatan Labuhan Haji.

Kedatangan para pelapor ke kantor Kejaksaan didampingi lima penasehat hukum atau advokad muda yang tergabung dalam Young Law And Associate, dan diterima Kasi Intelejen Kejaksaan Negeri Lotim, Lalu Rasyidi sambil menyerahkan laporan.

Loading...

“Kami melapor Bupati, Perusahaan dan Kadis DPMPSP ke Kejaksaan atas dugaan tindak pidana korupsi dalam kasus tambak udang Suryawangi,” tegas Penasehat Hukum ARM, Deni Rahman yang didampingi penesehat hukum lainya, Ada Suci Makbullah, Zuarno Saputra, Eko Rahardi dan Sayadi.

Eko Rahardi meminta kepada pihak kejaksaan serius menangani kasus yang dilaporkan itu, dan akan dikawal sampai tuntas.

Dalam kasus yang dilaporkan itu, mejurut Eko, ada indikasi korupsi dan memperkaya orang lain dibalik keluarnya “surat sakti” Bupati Lotim yakni rekomendasi masalah tambak udang Suryawangi.‎ 

Sementara itu, Kordum ARM, Muhyidin mengatakan pihaknya akan melakukan aksi turun ke jalan kalau pihak kejaksaan kurang serius menangani kasus yang dilaporkan.

Sementara Kasi Intelejen Kejaksaan Negeri Lotim, Lalu Rasyidi menaggapi apa yang disampaikan pelapor mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti laporan yang dimasukkan ARM ini.

Begitu juga pihak pelapor maupun yang dilaporkan akan dilakukan pemanggilan untuk diminta keterangan maupun klarifikasi. ‎

“Setiap perkembangan kami akan sampaikan kepada teman-teman ARM selaku pelapor,” tegasnya.

Di tempat terpisah, penasehat hukum ARM lainnya, Ada Suci Makbullah menegaskan, selain melaporkan Bupati, pihaknya juga akan melaporkan kasus itu ke Polda NTB dan ke Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) di Jakarta.

“Hari ini kami melapor ke Kejaksaan, besok melapor ke Polda soal dugan pidana umum, kemudian terakhir ke KPK,” tegas Ada Suci Makbullah.

Sementara Kepala DPMPSP Lotim, Muksin saat dikonfirmasi mengatakan menyayangkan adanya laporan yang dimasukkan ARM ke Kejaksaan Negeri Lotim. Karena sampai saat ini belum ada keluar ijin tambak udang di Suryawangi, melainkan baru rekomendasi.

“Sangat disayangkan ARM melapor ke Kejaksaan,” kata Muksin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.