SILPA Dana BOS Lombok Timur Mencapai Rp6 Miliar

215
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Kepala Bidang Pembinaan SD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur, H. Abasti mengakui pada tahun sebelumnya dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang dikucurkan kepada sekolah-sekolah banyak kembali ke kas negara.

“SILPA (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenaan Dana BOS mencapai Rp6 miliar lebih. Jumlahnya itu dari banyak sekolah yang mengembalikan, meskipun pengembaliannya sedikit-sedikit,” jelas Abasti pada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (20/08/2019).

Menurut Abasti, hal itu terjadi karena saat sekolah mengajukan rancangan penggunaan uang (RPU) tidak diperiksa secara detail sehingga banyak yang harus mengembalikan ke kas negara.

“Kalau kemarin kita kehilangan kontrol, akibat banyaknya bidang yang terlibat dalam proses pencairan dana Bos, tapi saat ini kita harus fokus karena sudah ada pegawai yang melakukan pemeriksaan terhadap RKS dan RPU sekolah,” tegas Abasti.

Mengantisipasi hal tersebut agar tidak terjadi lagi, Abasti mengatakan, mulai tahun depan rencana kegiatan sekolah (RKS) dan rencana penggunaan uang (RPU) yang dibuat oleh sekolah harus diperiksa.

“Mengingat sebelumnya tidak diperiksa di bidang Pembinaan Sekolah Dasar, sehingga terjadi banyak sekolah yang mengambil dana Bos melebihi anggarannya,” tegasnya.

Loading...

Nanti sebelum dilakukan pencairan, kata Abasti, terlebih dahulu Bidang Pembinaan Sekolah Dasar akan memeriksa RPU setiap sekolah, baik itu Bos Regulernya maupun dana Bos SILPA yang tidak digunakan tahun lalu agar dapat dirincikan.

“Kenapa ini harus kita lakukan, agar sekolah tersebut betul-betul merencanakan sesuai dengan kebutuhan, sehingga nantinya tidak ada dana Bos yang diambil tidak habis terpakai. Tujuannya juga agar bisa dikontrol penggunaan dana Bos tersebut,” ujarnya.

Terkait rencana itu, Kabid Pembinaan SD ini mengaku sudah menyampaikannya kepada sekolah melalui kepala unit (Kanit) Dikbud yang ada di kecamatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.