Sirkuit MotoGP Lombok Mulai Dibangun September 2019

Tahun 2020 penonton bisa memesan tiket secara online

337
kali tampilan.
Direktur Utama PT ITDC Abdulbar M. Mansoer jumpa pers usai rapat koordinasi dengan Bupati Lombok Tengah HM Suhaili Fadil Tohir di D'Max Hotel, Kamis (21/3/2019)

LOMBOKita – Rencana pembangunan sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ternyata bukan hanya isapan jempol. Pihak ITDC selaku pengembang KEK Mandalika bersama pemerintah daerah setempat terus berupaya mematangkan rencana pembangunan lintasan olahraga tingkat dunia itu.

Untuk memantapkan persiapan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika, pemerintah Kabupaten Lombok Tengah bersama ITDC menggelar rapat koordinasi di d’max hotel, Kamis (21/3/2019).

Rapat koordinasi yang digelar tertutup tersebut dihadiri Direktur Utama PT ITDC Abdulbar M. Mansoer, Bupati Lombok Tengah HM Suhaili Fadil Tohir bersama sejumlah Kepala Dinas, Ketua DPRD, Muspida dan Forkopimda.

Loading...

Baca berita terkait:

Ditemui usai rapat, Direktur Utama PT ITDC Abdulbar M. Mansoer menjelaskan, progress pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika Lombok saat ini memasuki tahap homologasi untuk memenuhi standar penyelenggaraan balap motor bertaraf internasional.

“Proses homologasi (penyesuaian antara desain dan kondisi lapangan) ini membutuhkan waktu sekira 5 bulan atau hingga Agustus, baru kemudian keluar Detail Engineering Design (DED) dari konsultan perencana,” ungkap Abdulbar M. Mansoer.

Setelah DED keluar, kata Abdulbar M. Mansoer, pada bulan September 2019 akan dimulai pengerjaan pembangunan sirkuit yang rencananya berkonsep street circuit atau sirkuit jalan raya.

Abdulbar menjelaskan, sirkuit MotoGP Mandalika Lombok akan dibangun pada lahan seluas 4,32 kilometer dengan rancangan infrastruktur khusus atau menggunakan aspal cepat kering.

“Nanti ada kajian teknis, aspal lintasan sirkuit dalam waktu tiga jam bisa kering jika terjadi hujan,” katanya.

Berita lainnya:

Untuk persiapan penyelenggaraan olahraga balap motor tingkat dunia itu, menurut Abdulbar, sirkuit MotoGP Mandalika Lombok telah mendapat penunjukan dari Dorna selaku penyelenggara balap motor dunia untuk race tahun 2021.

“Tanggal pasti penyelenggaraannya belum disepakati, apakah setelah balap di Sepang ataukah di Australia. Namun yang jelas, pada tahun 2020 penonton sudah bisa memesan tiket secara online,” tandas Abdulbar.

Sementara itu, Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili FT mengatakan, pihaknya siap mendukung pembangunan sirkuit motoGP Mandalika. Bahkan pihaknya sudah membentuk tim khusus untuk mendukung percepatan pembangunan di kawasan sesuai dengan masterplan.

“Kita siap untuk mendukung percepatan pembangunan KEK Mandalika Resort,” singkatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.