Suhaili Rencanakan Kereta Gantung Rinjani

Di Facebook Faozal Buat Hastag #Idegila

Ilustrasi Kereta Gantung Rinjani

LOMBOKita – Pendakian hingga puncak Gunung Rinjani merupakan kebahagiaan tersendiri bagi para pecinta alam. Meski harus melalui jalur terjal dan menantang, namun tidak menyurutkan minat masyarakat untuk mencapai puncak gunung setinggi 3.726 m dpl itu.

Suguhan panorama alam yang menakjubkan seakan menjadi daya tarik animo komunitas pencinta alam dan masyarakat di seluruh nusantara bahkan mancanegara melakukan pendakian.

Melihat peluang yang cukup besar itulah, pemerintah Kabupaten Lombok Tengah berencana membangun kereta gantung dari kebun kopi Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara menuju Danau Segara Anak di Gunung Rinjani.

Danau Segara Anak merupakan pesona unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani yang saat ini dapat ditempuh dari dua jalur resmi pendakian yaitu jalur pendakian Senaru dan jalur pendakian Sembalun, Lombok Timur.

Untuk mencapai Danau Segara Anak dari jalur Senaru dibutuhkan waktu sekitar 7 – 10 jam berjalan kaki (± 8 Km) dari pintu gerbang jalur pendakian Senaru. Sedangkan dari jalur pendakian Sembalun ditempuh dalam waktu 8 – 10 jam.

Dalam berbagai kesempatan, Bupati Lombok Tengah HM Suhaili FT mengungkapkan, keberadaan kereta gantung itu akan menjadi jalur alternatif bagi masyarakat yang ingin mencapai Danau Segara Anak dan puncak Gunung Rinjani tanpa harus mendaki berjam-jam. Sekaligus sebagai penyeimbang pengembangan kawasan wisata Mandalika Resort di wilayah selatan Lombok Tengah.

Untuk mewujudkan pembangunan kereta gantung itu, pemerintah Kabupaten Lombok Tengah akan menggandeng investor asal Cina yang membawa perusahaan PT Indonesia Lombok Resort untuk melakukan pembangunan.

“Saya percaya, investor yang satu ini serius membangun. Kita tunggu saja,” kata Bupati Suhaili.

#Idegila

Rencana Bupati Lombok Tengah itu bak dayung bersambut. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Muh. Faozal membuat dan memposting status di akun media sosial facebook dengan hastag #Idegila.

Status yang diserta foto dengan background Danau Segara Anak, Gunung Rinjani itu lengkap dengan ilustrasi kereta gantung. Namun pada foto juga terlihat tulisan “Rinjani lebih baik, tanpa #Idegila ini”. Status ini diunggap pada tanggal 5 Januari 2017 pukul 20:12 dan mendapat LIKE dan Komentar dari para netizen.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah H. Lalu Putria yang dikonfirmasi Lombokita.com menjelaskan, Bupati HM Suhaili FT menginginkan bagaimana masyarakat umum bisa menikmati keindahan Danau Segara Anak dan Gunung Rinjani dari jarak dekat menggunakan jalur kereta gantung. “Persoalan ada yang tidak setuju, nanti kita jelaskan,” kata Lalu Putria.

Keinginan Bupati Lombok Tengah HM Suhaili FT itu, kata Lalu Putria, berdasarkan kebiasaan para tetua dan tokoh Lombok dahulu yang sering melakukan pertemuan di Gunung Rinjani. “Bagi yang pernah membaca sejarah Sasak (suku Lombok) tentu rencana itu bukan sesuatu yang mustahil dan aneh,” kata Lalu Putria.

Komentar Anda