Sukiman : Pemadam Kebakaran, Jangan Hanya Sekedar Menjaga Kota

LOTIM Lombokita – Bupati Lombok Timur, M. Sukiman Azmy, Senin (1/3) memimpin apel Hari Ulang Tahun ke-102 Pemadam Kebakaran dan Penyelematan di Kabupaten Lombok Timur. Apel yang berlangsung di halaman depan Kantor Dinas Damkar dan Penyelamatan Lombok Timur tersebut berlangsung hidmat, diikuti ratusan pasukan Damkar dan sejumlah Pejabat terkait.

Bupati Sukiman, dalam sambutannya mengatakan, kondisi sarana dan prasarana yang dimiliki Dinas Damkar dan Penyelamatan saat ini, masih jauh dari harapan. karena Dinas Damkar ini merupakan OPD baru, namun Pemerintah Daerah akan terus berupaya untuk mengoptimalkan berbagai kekurangannya dimasa yang akan datang secara bertahap sesuai dengan kemampuan pemerintah daerah.

Dengan kelengkapan sarana dan prasarana yang dimiliki sesuai harapan, nantinya, para petugas semakin dapat melaksanakan tugas dengan professional dan penuh tanggung jawab.

“ Kita berharap areal kantor BPBD yang di tempati Dinas Damkar saat ini, kedepa, sepenuhnya menjadi prasarana Dinas Damkar dan Penyelematan,” katanya.

Ia menegaskan, bahwa apabila penanganan Covid-19 sudah selesai, secara perlahan tapi pasti sesuai dengan kemampuan daerah semua sarana dan prasarana Damkar dilengkapi.

Lebih lanjut Sukiman mengatakan, perayaan Harlah Damkar yang ke 102 ini,tak hanya mengenang peristiwa pemberian penghargaan tahun 1919 saja, tetapi, peringatan ini merupakan upaya semakin meningkatkan komitmen pelayanan terbaik bagi masyarakat, sebagai bentuk implementasi kehadiran pemerintah dalam perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan dampak kejadian kebakaran.

Bupati juga memberikan apresiasi tinggi bagi anggota Damkar dan peyelamatan, yang telah menunjukkan peran aktif memberikan bantuan kepada masyarakat yang dilanda bencana.

“Untuk diingat, Pemadam kebakaran bukan sekadar menjaga kota, akan tetapi lebih dari itu, berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan masyarakat, “ katanya.

Karena menurut Bupati, tugas Damkar pun cukup luas, mulai dari pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran. Damkar juga melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, serta pemberdayaan masyarakat dan tugas lainnya yang diatur dalam Permendagri No. 16 Tahun 2020.

Bahkan, aparatur pemadam kebakaran dituntut melayani masyarakat pada operasi penyelamatan non kebakaran. Tak heran bila selalu nampak dalam berbagai peristiwa yang menimpa masyarakat. Ini menunjukkan bahwa selain alasan regulasi, kehadiran Damkar terbukti sangat dibutuhkan masyarakat.

Ditenpat terpisah, Kepala Dinas Damkar dan Perlindungan Lombok Timur H nasrudin, mengatakan, sebagai dinas baru, sarana prasarana yang dimiliki saat ini, akan dimanfaat semaksimal mungkin dalam membantu masyarakat.

“Setiap ada laporan masyarakat, akan kami layani dengan baik,” sebutnya, seraya mengatakan, jumlah kasus kebarakan tahun 2021 hingga saat ini, baru 10 kasus, dan semua itu tertangani dan terlayani dengan baik.

Menurut Nasrudin, salah satu langkah awal sebagai dinas baru, terkaiat pencegahan dan penangana kasus kebakaran akan di sosialisasikan.

“Kedepan kita berharap semua pasilitas umum dan perkantoran, nantinya memiliki dan memenuhi standar keselamatan,” jelasnya

Memeriahkan harlah Damkar yang ke 102, pihaknya telah melakukan donor darah, termasuk melakukan latihan bersama dengan komonitas Explor Lotim, terkait cara penanganan terrhadap reftil.

- Adv -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.