Syamsul Luthfi Back to Senayan

401
kali tampilan.
HM Syamsul Luthfi, Caleg DPR RI Dapil Pulau Lombok
- Advertisement -

LOMBOKita – HM. Syamsul Luthfi, SE adalah salah seorang calon anggota DPR RI Daerah Pemilihan Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dipastikan lolos menuju Senayan melalui Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Pria kelahiran Pancor, Lombok Timur pada tanggal 30 Januari 1971 ini pada pemilihan legislatif periode 2014-2019 juga berhasil melenggang ke Senayan melalui Partai Demokrat. Namun, pada pertengahan jalan, kakak kandung Tuan Guru Bajang (TGB) KH. Zainul Majdi itu harus melepas jabatan sebagai legislator dan digantikan oleh Nanang Samoedra.

Syamsul Luthfi dengan motto berbuat yang terbaik untuk kepentingan daerah, bangsa dan negara itu terpaksa melepas jabatan sebagai anggota DPR RI lantaran maju sebagai calon Bupati Lombok Timur.

Setelah tidak berhasil menduduki kursi orang nomor satu di daerah Patuh Karya itu, pada pertengahan tahun 2018, Syamsul Luthfi saat itu menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Lombok Timur seketika membuat langkah mengejutkan bagi sejumlah kalangan di daerah ini.

Loading...

Cucu Pahlawan Nasional TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Pancor itu memainkan manuver dengan berpindah haluan untuk bergabung ke Partai Nasional Demokrat (NasDem). Dan saat itu juga tercatat sebagai Caleg DPR RI Dapil Pulau Lombok melalui partai besutan H. Surya Paloh, Partai NasDem.

Pada perhelatan politik ini, HM Syamsul Luthfi berhasil mengamankan satu kursi DPR RI Dapil Pulau Lombok dengan perolehan suara coblos nama sebanyak 44.467 dan suara partai Nasdem sebanyak 113.438 suara.

Keberhasilan Partai NasDem menjadi juru kunci perolehan kursi kedelapan DPR RI Dapil NTB 2/pulau Lombok itu, sekaligus mengandaskan harapan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mengirim seorang legislator dari Dapil Pulau Lombok.

Berdasarkan rekapitulasi perolehan suara DPR RI dan Partai Politik oleh KPU Provinsi NTB, Partai Amanat Nasional hanya mengantongi 110.486 suara.

Sebelumnya, Ketua KPU Provinsi NTB, Suhardi Soud menegaskan, penetapan kursi untuk DPR RI akan dilaksanakan oleh KPU RI. Namun, dengan sudah disahkannya pleno di tingkat kabupaten/kota se-NTB, masyarakat sudah mengetahui caleg DPR RI yang terpilih.

”Perolehan kursi DPR RI nanti disahkan dan ditetapkan KPU RI,” kata Suhardi Soud usai pleno rekapitulasi di Hotel Lombok Raya, Mataram.

Komentar Facebook

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.