Tahun 2018, NTB Targetkan Empat Juta Wisatawan

123
kali tampilan.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB Lalu Paozal
Loading...

LOMBOKita – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menargetkan pada tahun 2018 angka kunjungan wisatawan ke daerah itu mencapai empat juta orang.

“Tema besar kita di tahun 2018 adalah NTB menuju 4 juta wisawatan,” Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal saat rapat koordinasi pariwisata bersama 10 kabupaten/kota se-NTB di Mataram, Rabu.

Ia menjelaskan, untuk mencapai target 4 juta orang wisatawan ke NTB itu, ada empat agenda besar yang akan dilakukan, yakni terkait tata kelola destinasi.

“Kenapa ini jadi pointer pertama, karena itu yang jadi masalah kita. Banyak cerita dan kritik larinya ke destinasi, tentang sampah, pungutan, kesiapan keamanan. Itu yang kita bahas,” ujarnya.

Di dalam tata kelola destinasi itu, lanjutnya, ada pengembangan kelembagaan, pokdarwis, peran stakeholder, bagaimana guide, dan transportasi.

Loading...

“Seperti tadi kita beri papan surfing, kita libatkan langsung tata kelola destinasi. Lalu peran stakeholder, bagaimana guide, dan transportasi,” sebutnya.

Selain tata kelola destinasi, yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan kalender event pariwisata. Hal ini penting agar tata kelola kalender pariwisata bisa lebih baik.

“Alhamdulillah empat event kita masuk dalam 100 kalender event nasional yakni Bau Nyale, Tambora, Moyo, Bulan Pesona Lombok Sumbawa,” jelasnya.

Selanjutnya, yang perlu dipersiapkan adalah bagaimana strategi promosi, terutama tujuan promosi.

“Kita fokus ke Korea, Malaysia, Cina Australia. Ini strategi kita melihat potensi pasar,” katanya.

Faozal mengatakan di tahun 2016 kunjungan wisatawan ke NTB mencapai 3,5 juta.

“Dengan upaya kita bersama industri ternyata 3,5 juta itu bukan omong kosong, sekarang aja sudah 3,1 juta kunjungan wisatawan ke NT ,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.