TGB Ingatkan Calon Kepala Daerah Jaga Persaudaraan

164
kali tampilan.
Nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTB

LOMBOKita – Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Muhammad Zainul Majdi mengingatkan kepada seluruh para calon gubernur dan wakil gubernur untuk mengedepankan persaudaraan dan persatuan di dalam mengarungi kontestasi Pilkada 2018.

“Pilkada ini hanya satu ruang dari ruang interaksi publik kita, kehidupan sosial kita. Jangan karena satu ruang ini ruang yang lain jadi ikut rusak, karenanya jaga persaudaraan kita,” kata Gubernur NTB di Mataram, Rabu.

Ia menjelaskan, jalannya Pilkada hanya pada hari pencoblosan, yakni 27 Juni 2018. Setelah pencoblosan selang sehari hasil “quick count” sudah ketahuan hasilnya.

“Artinya jangan kemudian terlalu keras menggunakan instrumen yang tidak terpuji, lalu setelah itu selesai, kita kesulitan menata kembali persaudaraan. Terpenting juga kedepankan proporsional dan visi dan misi,” katanya.

Menurut gubernur, kontestasi pilkada merupakan hajatan lima tahunan. Masing-masing calon harus memiliki niat, komitmen dan langkah nyata dari seluruh yang terlibat untuk memastikan bahwa kontestasi pilkada melahirkan kekuatan yang lebih kuat bagi daerah.

“Kontestasi yang lebih memperkuat dan tidak melemahkan yang lebih bisa menyatukan, bukan justru memisahkan,” kata Tuan Guru Bajang (TGB) sapaan akrab Gubernur NTB.

Meski demikian, Gubernur NTB mengaku melihat trac record yang dimiliki empat pasangan cagub dan cawagub NTB tersebut. Karena itu, dia optimistis semua pasangan calon memiliki komitmen sama untuk membangunkan NTB lebih baik.

“Saya melihat rekam jejak kontestan semua memiliki komitmen untuk membangun daerah kita lebih baik,” katanya.

Sebelumnya, di dalam pengundian nomor urut yang diselenggarakan KPU NTB, Selasa (13/2). Nomor satu pasangan yang diusung Partai Golkar, Nasdem dan PKB H Moh Suhaili FT dan H Muhammad Amin atau Suhaili-Amin. Nomor dua pasangan yang diusung Partai Gerindra, PDIP, PPP, Hanura, PAN dan PBB H Ahyar Abduh dan Mori Hanafi.

Kemudian, nomor urut tiga ditempati pasangan yang diusung PKS dan Demokrat Dr Zulkieflimansyah dan Hj Sitti Rohmi Djalilah dan nomor urut empat pasangan melalui jalur perseorangan (independen) H Moch Ali Bin Dahlan dan TGH Lalu Gede Muhammad Ali Wirasakti Amir Murni atau paket Ali-Sakti.