Tibuborok, Kawasan Obyek Wisata Baru di Lotim

57
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Pesona dan keindahan alam yang dimiliki kabupaten Lombok Timur, tak di ragukan lagi, satu persatu potensi itu bermunculan, seperti halnya, obyek wisata Tibuborok yang berlokasi di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Desa Padakguar Kecamatan Sambelia.

Kawasan hutan ini yang sebelumnya kering kerontang kini ,di sulap menjadi wisata alam eco tourism, yang menampilkan panorama keindahan alam.yang cukup menggoda

 Keindaham alam kawasan obyek wisata Tobuborok ini,tak hanya indah di pandang saat pagi atau sore semata, di siang haripun meski di bawah terik matahari,keindahanpun dapat dinikmati.

Lokasi yang luasnya ragusan hektar di kelilingi gunung gunung menjulang tinggi.pohon hang hijau royo royo,  dan  Obyek wisata Tibuborok ini berada di ketinggian  130 -241 meter di atas permukaan air laut (Mdpl).

” kawasan ini sebelumnya kering kerontang, dan dua tahun belakangan mulai ada peribahan, pohon sudah banyak ditanam dan tumbuh,” tutur Junaini penjaga kawasan tersebut.

Menurut penuturan Junaini, kawasan hutan ini di musim.kemarau tak di tampik banyak tanaman mengerinh, tetapi dengan sentuhan teknologi, maka tak banyal tanaman yang mengering.
 
Hydro gell salah satu teknologi penyelamat yang di berikan pada tanaman sehingga musim.kemaraupun banyak anaman yang bertahan dan  tumbuh.

Stasiun Manajer PT Sadhana Arifnusa, Kuswanto Setiabudi pengelola kawasan ini, menerangkan saat kemarau bangak tanam alami fase stres. Tapi kalau musim.penghujan tanaman di pastikan menghijau.

Untuk mengembanhkan kawasan ini,menurut Kuswanto eco yourism salah satu konsep pengembangan,dan kawasan ini nantinya jadi kawasan terbuka untuk umum.

keindahan tibuborok ini akan menjadi satu kesatuan sistem dalam industri yang akan coba dikembangkan di kawasan ini.

Upaya yang dilakukan Sadhana ini, lambat laun berhasil memperlihatkan hutan yang dulunya gundul menjadi hijau dan lestari.

” ini masoh belum sempurna, dan teris kita kembangkan,meski demikian sudah  bisa dilihat hasilnya, dikawasan ini pertumbuhan hutan sudah terlihat rimbun.

” setahuj dua tahun kedepan, kawasan Tibuborok ini akan semakin rimbun dan hijau,” jelasnya.

Disebutkan Kuswanto, terkait penjagaan kawasan ini, dirinya melibatkan warga sekitar. ” dikawasan ini, sudah di bangun tiga unit menara pantau.

“Dari atas menara-menara inilah, pengunjung di sajikan uuntuk  bisa melihat semua sisi kawasan.,” sebutnya.

Dan di.menarapun disiapkan lokasi selfy, ” akan banyak yang akan dikemas di kawasan ini, sepetlrti menyediakan kawasan untuk berkemah, termasuk sebagai soft trekking bagi para pecinta pendakian gunung,”paparnya.
 
Kuswantopunmenceritakan, mawasan HTI Sambelia seluas 2 ribu hektar itu ia peroleh perizinannya pada era kepemimpinan Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi dan Menteri Kehutanan MS Kaban, Sadhana diberikan izin HTI. Ide dari Gubernur NTB dan Menhut tersebut kemudian dijalankan. Pasalnya, upaya pelestarian hutan oleh pemerintah sejauh ini selalu gagal.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.