Tiga Kecamatan Di Lotim Kehabisan Stok Akta Nikah 

754
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita -Tiga kecamatan di Kabupaten Lombok Timur kehabisan stok buku akta nikah. Diantara Kecamatan Sakra Timur, Pringgebaya dan Sukamulia,sedangkan 18 kecamatan lainnya masih memiliki stok yang cukup buku akta nikah.

Demikian ditegaskan Kasi Bimbingan Agama Islam Kementerian Agama Lotim melalui Staf, Suparlan di ruang kerjanya, Selasa (3|12). ” Dari laporan yang ada tiga kecamatan yang stok buku akta nikahnya habis Sakti, Pringgebaya dan Sukamulia,” tegasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, untuk mengatasi kehabisan stok buku akta nikah tersebut,maka pihak Kepala Urusan Agama (KUA) untuk meminjam ke KUA yang masih memiliki stok cukup.

Karena untuk buku akta nikah yang baru seri baru sembilan dijit nomor parporasinya,sedangkan yang lama tujuh dijit. Maka setiap pergantian menteri tentunya buku akta nikah lama tidak terpakai karena berbeda menteri tentunya kebijakannya berbeda pula.‎

Kemudian setelah datang stok buku akta nikah tersebut bisa diganti oleh KUA yang meminjam itu.Sedangkan kebutuhan untuk buku akta nikah perbulan antara 800 sampai 900 pristiwa nikah.

” Untuk kebutuhan pertahunnya mencapai 10.000 sampai 12.000 buku akta nikah untuk Lotim,” ujarnya.

Loading...

Lebih jauh Suparlan menambahkan sebenarnya untuk stok buku akta nikah tersebut tidak habis, akan tapi belum diambil ke Kanwil Kementerian Agama NTB. Karena pengambilan itu harus dengan ada surat resmi,apalagi saat ini pihak Kanwil sedang sibuk banyak kegiatan yang dilakukan.

Sehingga ini tentunya yang menjadi kendala sehingga buku akta nikah tersebut belum didistribusikan atau diambil. Namun yang jelas pihaknya memastikan tidak ada kehabisan stok buku akta nikah tersebut.

” Pihak Kanwil selalu meminta laporan kabupaten dan kota mengenai penggunaan buku akta nikah setiap tahunnya, untuk dijadikan acuan nanti kedepannya,” tambahnya.

‎” Yang jelas Lotim tertinggi jumlah penggunaan akta nikah setiap tahunnya di NTB,” tandas Suparlan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.