Timnas Basket Putra Melangkah ke Final

162
kali tampilan.

LOMBOKita – Tim nasional bola basket putra Indonesia berhasil melangkah ke final cabang olahraga bola basket SEA Games ke-29 tahun 2017 di Malaysia dan memastikan medali perak, setelah menaklukkan Thailand dengan skor 79-74 pada semifinal, Jumat (25/8).

Pada final yang digelar Sabtu, Indonesia akan berhadapan dengan peraih 17 kali medali emas bola basket putra SEA Games, Filipina yang pada babak semifinal mengalahkan Singapura dengan skor 68-60.

Dipantau dari laman resmi Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), di Jakarta, Jumat, dalam laga yang digelar di Stadion Maba, Kuala Lumpur, Indonesia membuka laga melalui tembakan tiga angka point guard veteran Mario Wuysang.

Namun, pada pertengahan kuarter hingga akhir, Indonesia tampil tertekan oleh Thailand yang mengandalkan guard naturalisasi dari Amerika Serikat Tyler Lamb. Indonesia pun takluk pada akhir kuarter satu dengan skor 17-12.

Tidak mau terus terdesak, anak-anak asuh pelatih Wahyu Widayat Jati memperbaiki penampilan di kuarter kedua. Pada 10 menit kedua ini, Indonesia bisa membuat 24 angka, dua kali lipat lebih banyak dari lawannya. Kuarter kedua pun diakhiri dengan skor 36-29 untuk keunggulan Indonesia.

Selepas jeda paruh pertama, permainan semakin seru. Kuarter ketiga diawali dengan dunk sempurna center Thailand Chanatip Jakrawan.

Setelah itu, Thailand kembali menambah angka melalui tembakan tiga angka Tyler Lamb, dan kemudian dibalas lay up forward Indonesia Arki Dikania Wisnu, skor menjadi 35-38.

Saling berganti mencetak angka ini terus berlanjut, tetapi Indonesia tetap terdepan dengan skor 60-52 di akhir kuarter.

Pada kuarter pamungkas, Indonesia yang sempat kembali tertekan menunjukkan kelasnya sebagai salah satu timnas bola basket putra terbaik di Asia Tenggara dan mampu membuat poin pada saat-saat penting.

Indonesia bahkan sempat tertinggal lima angka 67-62 pada kuarter ini setelah guard Bandit Lakhan membuat dua angka.

Namun, Diftha Pratama langsung membalas dengan tembakan tiga angka untuk memperkecil perbedaan skor.

Kedua tim saling bergantian memimpin sampai akhirnya point guard tim Tanah Air Hardianus Lakudu berhasil mengeksekusi dua tembakan bebas dengan sempurna pada 14 detik terakhir laga dan membuat skor menjadi 79-74 yang bertahan hingga laga usai.

Mario Wuysang menjadi pencetak poin tertinggi bagi Indonesia pada partai ini dengan 15 poin, empat rebound dan empat assist. Sementara pada kubu Thailand, Tyler Lamb menorehkan skor tertinggi dengan 26 poin, tujuh rebound dan tiga assist.

Pertandingan final bola basket putra SEA Games di Malaysia, digelar pada Sabtu mulai pukul 18.15 WIB.

Sebelum laga ini, akan digelar pertandingan Singapura versus Thailand untuk merebut medali perunggu.

Sebagai informasi, final Indonesia versus Filipina merupakan ulangan final setelah sebelumnya kedua tim juga berjumpa di final SEA Games 2015, Singapura. Ketika itu, Indonesia harus puas meraih perak karena kalah 72-64.

Kemudian, Indonesia dan Filipina kembali bertemu pada Kejuaraan Bola Basket Asia Tenggara SEABA 2017 pada Mei 2017 lalu.

Dalam kompetisi berformat round robin itu, satu-satunya kekalahan Indonesia terjadi saat melawan Filipina yang menjadi tuan rumah, yaitu dengan skor 97-64.

Filipina yang tidak terkalahkan pun menjadi juara, sementara Indonesia bergelar tim terbaik kedua atau runner up.