LOMBOKita – Timnas Prancis lolos ke final Piala Dunia 2018 setelah menang 1-0 atas Belgia pada babak semifinal yang berlangsung di Arena St Petersburg, Selasa (10/7/2018) atau Rabu (11/7/2018) dini hari WIB. Gol kemenangan Les Bleus dicetak Samuel Umtiti di babak kedua.

Kedua tim tampil dengan permainan menyerang sejak awal pertandingan. Terbukti, Belgia sudah punya kesempatan emas lewat aksi Eden Hazard pada menit ke-15. Sayang, tembakan sang kapten masih belum menemui sasaran.

Prancis membalas pada menit ke-18. Tembakan keras Blaise Matuidi dari luar kotak penalti mengarah ke gawang Belgia. Namun, bola masih bisa diredam Thibaut Courtois karena datang tepat ke arahnya.

Tak lama berselang, Hazard kembali mengancam gawang Prancis yang dikawal Hugo Lloris. Namun, kali ini peluang itu mentah setelah bola mengenai pemain belakang Les Bleus.

Penyelamatan gemilang dilakukan Lloris pada menit le-21. Bola hasil tembakan Toby Alderweireld dari dalam kotak penalti mengarah ke sisi kanan gawang Prancis. Namun, kiper Tottenham Hotspur itu terbang untuk memblok bola masuk ke gawangnya.

Pemain Perancis Merayakan Gol
Pemain Perancis Merayakan Gol

Tak mau kalah, Courtois juga membuat penyelamatan luar biasa jelang akhir babak pertama. Dia memblok bola hasil tendangan Benjamin Pavard dengan kakinya. Peluang emas Prancis hanya berbuah sepak pojok. Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 tetap tak berubah.

Samuel Umtiti Pahlawan Prancis

Prancis akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-51. Berawal dari sepak pojok yang dilakukan Griezmann, Samuel Umtiti membobol gawang Courtois lewat sundulan. Bola meluncur mulus ke gawang Belgia.

Unggul 1-0 membuat pemain Prancis kian bersemangat. Anak asuh Didier Deschamps kian percaya diri dalam menekan pertahanan Belgia. Bahkan, mereka nyaris menambah keunggulan andai upaya Olivier Giroud tak digagalkan Ousmane Dembele.

Sementara para pemain Belgia terlecut untuk menambah daya dobrak. Vincent Kompany dkk beberapa kali melancarkan ancaman lewat Alderweireld, Kevin de Bruyne dan Fellaini. Sayang, belum satu pun kesempatan yang mampu dimanfaatkan.

Pada menit ke-81, Alex Witsel nyaris membuat Belgia menyamakan kedudukan. Dia melepaskan bola dengan tembakan keras dari dalam kotak penalti dan mengarah ke gawang Prancis. Namun lagi-lagi, Lloris menjadi tembok kukuh untuk timnya.

Belgia beberapa kali memiliki peluang untuk memecah kebuntuan. Namun, tak ada satu pun yang mampu diubah menjadi gol penyama kedudukan.

Prancis yang mengandalkan serangan balik, juga memiliki sejumlah kesempatan untuk menambah keunggulan. Namun, hingga pertandingan berakhir skor 1-0 untuk Prancis tetap bertahan.

Publik Perancis Merayakan Kemenangan
Publik Perancis Merayakan Kemenangan