Timnas U-16 Menangi Laga Sengit Melawan Vietnam

60
kali tampilan.

LOMBOKita – Timnas Indonesia U-16 berhasil memenangi laga sengit kontra Vietnam U-16 pada matchday 3 Grup A Piala AFF U-16 2018. Bermain di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Timnas Indonesia U-16 menang dengan skor 4-2.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U-16 pun kokoh di puncak klasemen Grup A dengan poin sempurna 9 dari tiga laga yang telah dilakoni.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Timnas Indonesia U-16 sejatinya tampil apik di babak pertama. Sebuah tendangan bebas Mochamad Yudha saat laga baru berjalan tiga menit hampir membawa Tim Garuda Asia asuhan Fakhri Husaini unggul. Tapi, kiper Vietnam Nguyen Duy Dung berhasil melakukan penyelamatan gemilang.

Sayang, Indonesia kemudian kecolongan gol cepat yang membuat ribuan suporter yang memadati Gelora Delta terdiam. Di menit keenam, berawal dari kesalahan Komang Teguh dalam membuang bola, Dinh Thanh Trung sukses menggetarkan gawang Indonesia via sepakan mendatar.

Kesulitan membongkar lini pertahanan Vietnam, Fakhri Husaini pun memutuskan untuk memasukkan Supriadi pada menit 26 dan menarik keluar Amanar Abdilah, meski nama terakhir tak mengalami cedera. Luar biasanya, efeknya langsung terasa tiga menit kemudian.

Supriadi berhasil menyamakan kedudukan pada menit 29 lewat aksi individu gemilang. Sang attacker melakukan drive ke kotak penalti Vietnam dan sukses melewati tiga pemain lawan, sebelum menaklukkan kiper Thanh Trung lewat dengan dingin lewat tendangan mendatar. 1-1!

Selanjutnya kedua tim jual beli serangan, namun hingga akhir babak pertama, skor imbang 1-1 tetap bertahan.

Babak Kedua
Di awal babak kedua, Fakhri memasukkan Bagus Kahfi dan Fajar Faturahman. Bagus kemudian sukses membawa Garuda Asia berbalik unggul 2-1 lewat penalti pada menit 44, setelah Indonesia mendapat penalti karena David Maulana dilanggar.

Sebagai informasi, aturan pertandingan di Piala AFF U-16 ini memang unik. Berbeda dengan biasanya, laga di turnamen ini hanya dihelat selama 80 menit, alih-alih 90 menit.

Well, masuknya Bagus benar-benar membuat serangan Indonesia menjadi hidup. Pada menit 60, Bagus mencetak gol keduanya sekaligus membawa Indonesia unggul 3-1 setelah meneruskan umpan silang bek Bagas Kaffa. Benar-benar seorang super-sub!

Pertandingan kemudian sempat terhenti pada menit 66 setelah keributan terjadi. Wasit kemudian memberi kartu merah untuk pemain Vietnam Vo Nguyen Hoang dan Bagas.

Sama-sama tampil dengan sepuluh pemain, Indonesia kemudian berada dalam tekanan setelah Vietnam berhasil mendapat penalti pada menit 72. Thanh Trung yang dipercaya menjadi eksekutor sukses memperkecil kedudukan menjadi 2-3 untuk Vietnam.

Meski demikian, Indonesia mampu tetap tenang di sisa waktu pertandingan. Tim Garuda Asia malah justru memperbesar keunggulan mereka di penghujung laga, lewat gol Andre Oktaviansyah di injury time babak kedua. Andre sukses memanfaatkan umpan terobosan Bagus.

Skor 4-2 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-16 pun bertahan hingga laga usai. Selanjutnya Supriadi dan kawan-kawan akan menghadapi Timor Leste pada matchday 4 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (4/8/2018).

Susunan Pemain
Timnas Indonesia U-16: Ernando Ari; Amiruddin Bagas, Komang Teguh, Fadilah Nur Rahman, Mochamad Yudha; David Maulana, Brylian Negiehta, Andre Oktaviansyah; Yadi Mulyadi, Sutan Zico, Amanar Abdilah (Supriadi, 26′).

Timnas Vietnam U-16: Nguyen Duy Dung; Trinh Van Chung, Vo Quoc Dan, Pham Van Dat, Vu Tien Long; Vo Minh Dan, Trinh Quang Truong, Ngo Duc Hoang, Dinh Thanh Trung; Ngo Thanh Tai; Vo Nguyen Hoang.