Tips Agar Semangat Bekerja di Hari Senin

Oleh: Natalia Sagita/KeluargaCOM

Semangat Bekerja
Semangat Bekerja/Ilustrasi Google

LOMBOKita – Bagi para pekerja, terutama pegawai kantoran, hari Senin adalah hari yang paling dihindari karena hari ini adalah hari yang memulai kerja selama seminggu, sedangkan hari Jumat adalah hari yang paling ditunggu-tunggu karena akhir pekan sudah di depan mata. Oleh karena itu, kita sering mendengar catchphrase atau melihat status di media sosial seperti “I don’t like Monday!” atau “TGIF! (Thank God It’s Friday!)”. Namun, baru-baru ini ada catchphrase baru yang didengung-dengungkan oleh banyak motivator baik di Indonesia maupun di dunia internasional, yaitu “Monday is Money Day” yang mengajak para pekerja untuk mengubah cara pandang terhadap hari Senin yaitu menjadikannya sebagai hari yang membuka pintu menuju banyak peluang rezeki dan keberhasilan.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan semangat bekerja di hari Senin:

1. Bangun lebih pagi

Sebagian orang suka bangun pagi, bahkan lebih awal daripada kokok ayam jantan atau seruan sholat Subuh dari mesjid terdekat. Itu bagus sekali. Tetapi sebagian orang lainnya hampir selalu kesulitan bangun pagi, padahal sudah dibantu dengan alarm. Tidurlah lebih awal agar Anda dapat bangun lebih pagi. Aturlah alarm Anda 15 menit lebih cepat karena dengan demikian Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk persiapan sebelum bekerja. Lakukan doa pagi atau meditasi untuk menyiapkan tubuh dan pikiran Anda untuk beraktivitas sepanjang hari. Anda akan merasa lebih sadar dan terhubung dengan hal-hal yang perlu Anda lakukan di tempat kerja.

2. Persiapkan sejak hari Jumat

Apabila Anda sudah membuat rencana bepergian ke luar kota selama akhir pekan, maka persiapkan segala sesuatu untuk seminggu ke depan pada hari Jumat seusai kerja, misalnya menyeterika pakaian kerja, belanja bahan makanan, mencuci kendaraan, dan membersihkan pekarangan rumah. Apabila sebagian besar persiapan sudah dilakukan dari jauh hari, maka Senin pagi Anda akan lebih terkendali.

3. Sarapan

Hampir semua orang tahu bahwa sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari. Pernyataan ini didukung oleh banyak hasil studi yang menunjukkan bahwa orang-orang yang sering melewatkan sarapan akan mengalami kesulitan berkonsentrasi dan merasa kekurangan energi di tempat kerja. Dan ini belum termasuk rasa malu karena ada suara-suara bergemuruh dari perut kosong sekitar pukul 10 pagi. Pastikan Anda makan sarapan yang seimbang. Dan jika Anda tidak sempat, Anda bisa makan sebuah pisang dan segelas susu.

4. Tetapkan target-target yang dapat dicapai

Untuk meningkatkan produktivitas Anda, tetapkan beberapa target sederhana untuk hari ini. Target-target sederhana ini hendaknya cukup mudah untuk dilaksanakan, tetapi juga lumayan susah sehingga membutuhkan upaya sungguh-sungguh dari Anda, misalnya tiba awal di tempat kerja, menyelesaikan deadline hari ini, dan pulang ke rumah sebelum matahari terbenam agar dapat meluangkan waktu dengan keluarga. Menambahkan struktur yang teratur pada kegiatan harian Anda di tempat kerja akan memberikan banyak manfaat, termasuk peningkatan kreativitas, manajemen waktu yang lebih baik, dan kemampuan untuk membuat prioritas.

Komentar Anda