Tips dan Trik Agar Tidak Kehabisan Tiket Kereta Lebaran 2019

213
kali tampilan.
Penumpang kereta / foto: Ilustrasi/Ist

LOMBOKita – Di antara berbagai pilihan kendaraan buat mudik, kereta api adalah yang paling banyak diburu oleh penumpang. Selain nyaman, harga tiket kereta api untuk Lebaran pun murah dan bisa menjangkau banyak kota tujuan hanya dengan sekali perjalanan.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh kereta api, tiket mudik Lebaran pun selalu ludes diburu sejak jauh hari. Terlebih penjualan tiket untuk kereta Lebaran 2019 sudah dibuka sejak 90 hari sebelum keberangkatan. Sehingga perburuan pun sudah ada di depan mata.

Selalu gagal dapat tiket kereta api buat mudik ke kampung halaman? Coba ikuti beberapa tips dan trik berikut ini.

1Manfaatkan Fitur Passenger Quick Pick

Banyak penumpang gagal mendapatkan tiket karena terlalu lama mengisi data penumpang. Memang perlu waktu untuk mengisi nama dan nomor identitas. Namun sebenarnya hal itu bisa diantisipasi sejak jauh hari dengan menggunakan fitur Passenger Quick Pick dari Traveloka.

Masukkan data penumpang di fitur ini sejak jauh hari, dan ketika loket pembelian tiket dibuka, kamu tinggal memilih kereta lebaran yang akan kamu tumpangi dengan waktu yang lebih cepat.

2Pilih Fitur Pembayaran Tercepat via Aplikasi Traveloka

Hal lain yang kerap membuat penumpang kehabisan tiket adalah karena salah memilih metode pembayaran. Traveloka menyediakan berbagai pilihan pembayaran yang mudah. Namun di antara semua pilihan, yang paling direkomendasikan adalah Traveloka PayLater.

Dengan fitur ini, kamu bisa langsung memasukkan semua total pembayaran hanya lewat sekali klik. Kamu pun tidak harus langsung membayar tagihannya, karena bisa dicicil mulai dari 3 hingga 12 bulan. Transaksi sekarang, tagihan baru akan muncul di akun kamu 30 hari kedepan. Jadi walau saldo tabungan kamu belum cukup, tetap bisa pesan tiket kereta lebaran dan mudik ke kampung halaman.

Selain Traveloka PayLater, kamu juga bisa memilih metode pembayaran debit via transfer ATM atau dengan e-banking dan m-banking. Kamu juga bisa membayar tiket kereta lebaran via UANGKU TravelokaPay, Minimarket terdekat atau kartu kredit.

3Selalu Siapkan Rencana Cadangan

Dalam setiap perjalanan, selalu siapkan rencana cadangan. Mulai dari dana cadangan jika harus membeli tiket kereta yang lebih mahal daripada bujet, hingga cadangan ketika kereta langsung habis dan harus membeli tiket kereta lanjutan.

Pilihan kereta lanjutan ini adalah alternatif jika tiket utama sudah habis. Namun untuk membeli tiket ini, kamu harus menyiapkan dana ekstra, karena rutenya menempuh dua atau tiga perjalanan berbeda.

Agar perjalanan tetap lancar, cek dulu rute utama yang akan kamu lalui dan pilihan rute kereta lanjutannya. Sebaiknya, siapkan dana untuk membeli tiket dengan harga termahal yang ada untuk tujuan kamu, agar tidak panik begitu mendapatkan harga tertinggi.

Selain itu, siapkan juga dana untuk transportasi lanjutan. Baik dalam bentuk uang cash atau saldo di aplikasi transportasi online, rencanakan semua sejak sekarang agar perjalanan mudik kamu lancar.

4Siapkan Rencana Perjalanan Mulai Sekarang

Selain menyiapkan tiket, jangan lupa untuk merencanakan perjalanan kamu mulai dari sekarang. Mulai dari barang yang akan dibawa pulang hingga oleh-oleh dan bekal selama di perjalanan.

Jangan lupa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Kalau kamu membawa bekal banyak, siapkan pula tempat sampah sementara selama di perjalanan agar tidak mengotori tempat duduk di stasiun maupun di gerbong kereta.

5Solusi Ketika Tiket Kereta Habis

Traveloka memiliki beragam fitur unggulan yang hanya tersedia di Aplikasi mereka, bahkan fitur-fitur tersebut tidak bisa ditemukan di aplikasi penjualan resmi dari perusahaan kereta Indonesia. Fitur-fitur tersebut dibuat untuk dapat membantu pengguna mendapatkan tiket kereta lebih cepat lagi. Khususnya ketika musim liburan. Biasanya musim liburan akan menjadi ajang perburuan tiket kereta yang sengit. Fitur-fitur itu meliputi:

– Kereta Lanjutan
Fitur ini memungkinkan kamu menggunakan jalur transit ketika penjualan tiket kereta langsung telah habis. Fitur ini sama persis dengan sistem transit di pesawat. Sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir ketika tiket kereta langsung ludes terjual. Catat: Fitur Kereta Lanjutan hanya tersedia di Traveloka (bisa dicek cia Aplikasi dan Website)

– Notifikasi Kereta Tambahan via App
Fitur ini akan membantu kamu mendapatkan informasi paling cepat ketika Kereta Tambahan dibuka oleh perusahaan resmi kereta Indonesia. Fitur ini juga hanya tersedia di Traveloka. Sehingga, cukup dengan satu aplikasi kamu tidak perlu lagi bingung mencari jadwal kereta tambahan dibuka.

– Notifikasi Ketersediaan Tiket Kereta via App (Train Seat Alert)
Fitur Train Seat Alert adalah sebuah layanan yang akan membantu menginformasikan ketersediaan tiket kereta kepada pembeli. Dengan fitur ini kamu adalah orang pertama yang akan mendapatkan informasi ketika tiket kereta di rute tertentu di buka. Sehingga kamu bisa segera mendapatkan tiket kereta yang diharapkan. Catat juga, fitur ini hanya tersedia di Traveloka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.