TNGR Pastikan 500 Pendaki Rinjani Aman 

511
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Pihak Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) memastikan sekitar 500 orang pendaki Gunung Rinjani berada dalam posisi aman. Semuanya saat ini berada di kawasan Danau Segara Anak.

Demikian ditegaskan Kepala Seksi (Kasi) Wilayah II TNGR, Benediktus Rio Wibawanto seijin Kepala Balai TNGR NTB kepada media ini, Minggu malam.

“Memang saat ini ada sekitar 500 orang pendaki belum turun dengan posisi sekarang di danau Segara Anak,” tegasnya.

Ia menjelaskan sebagian pendaki sudah turun, sisanya masih bertahan di sekitar Danau Segara Anak sambil menunggu proses evakuasi dari petugas.

“Petugas sudah bergerak untuk membawa para pendaki yang masih ada diatas untuk turun demi keselamatan para pendaki,” ujarnya.

Untuk saat ini pihak TNGR sudah mengeluarkan permakluman dan himbauan untuk terhadap penutupan mendaki ke Gunung Rinjani pasca terjadi gempa sampai waktu yang tidak ditentukan.

“Kami telah keluarga himbaun penutupan jalur pendakian sementara,” tandas Rio.

Sebelumnya, Kapolres Lotim, AKBP M Eka Fathurrahman, S.ik membenarkan ada ratusan pendaki yang belum turun, sehingga menjadi atensi bersama dari TNGR,Polri dan TNI untuk melakukan pencarian atau menjemput mereka untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

“Tim gabungan sudah terbentuk untuk mencari para pendaki yang belum turun,” tandasnya.