Vinales Bawa Yamaha Menjadi Raja di MotoGP Qatar 2021

Pebalap tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (tengah) bersama dua pebalap Ducati, Francesco Bagnaia dan Johann Zarco (kiri) saat berada di podium usai memenangi MotoGP Qatar 2021 di Sirkuit Internasional Losail, Senin (29/3/2021) dini hari WIB. [KARIM JAAFAR / AFP/suara.com].

LOMBOKita – Maverick Vinales berhasil membawa Yamaha kembali menjadi raja MotoGP Qatar. Hal itu setelah dia meraih podium juara di seri pembuka MotoGP 2021 itu pada Senin (29/3/2021) dini hari WIB.

Dalam balapan di Sirkuit Internasional Losail, pebalap Monster Energy Yamaha cuma start dari posisi ketiga (P3), tetapi mampu mempecundangi rider-rider Ducati yang sempat memipin di lap-lap awal.

Vinales menempel ketat rekan satu timnya, Fabio Quartararo, dan bekerja sama mendekatkan diri mereka ke pimpinan lomba.

Pada lap ke-8, duet Yamaha itu kembali merangsek ke P3 dan P4, sebagaimana dilansir dari suara.com (jaringan media Lombokita.com).

Dengan 12 lap tersisa, Vinales tampil lebih agresif dan mengambil alih memimpin serbuan duet Yamaha itu hingga memangkas jaraknya dari Johann Zarco sebelum menyalip sang pebalap Prancis dan mengincar posisi Franceso Bagnaia yang memimpin lomba sejak start.

Pada lap ke-15, Vinales menemukan celah menyalip sang pebalap barikan Ducati dan segera meninggalkan rival-rivalnya sembari menjaga umur ban dan gap yang sehat hingga finis pertama dengan keunggulan 1,092 detik dari rival terdekat.

Sebelum Vinales finis terdepan, MotoGP Qatar selalu didominasi Ducati lewat Andrea Dovizioso sejak 2017. Setelah tahun lalu gagal digelar karena pandemi, Yamaha akhirnya kembali merebut dominasinya di negeri Timur Tengah tersebut.

“Sudah cukup lama sejak terakhir kali saya menyalip begitu banyak pebalap dalam satu balapan… saya sangat bersyukur, karena menang itu tidak mudah, jadi kami akan menikmati hari ini.”

Vinales akan menghadapi tantangan yang serupa ketika Qatar kembali menjadi tuan rumah balapan seri kedua dalam satu pekan ini.

“Untuk balapan selanjutnya, kami akan bekerja dan lebih baik lagi, kami tahu para saingan kami juga akan berbenah,” tutur Vinales.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim karena kami melakukan tugas yang baik selama musim dingin.”

“Saya rasa kemenangan ini akan sangat baik bagi moral tim, karena penting untuk mempercayai diri kami sendiri.”

- Adv -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.